Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

SERAH TERIMA JABATAN PENGURUS OSIS SMP NEGERI 1 PURWOREJO 2021/2022

SERAH TERIMA JABATAN PENGURUS OSIS SMP NEGERI 1 PURWOREJO 2021/2022

Organisasi Siswa Intra Sekolah (disebut OSIS) adalah Pusat Kegiatan Pembinaan Kesiswaan disekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa. OSIS adalah sebuah Lembaga Resmi satu-satunya disekolah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak 23 Maret 1970. Lembaga ini tidak ada pada tingkat Sekolah Dasar (SD/ MI), Sekolah Menengah yaitu  Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA/SLB) sederajat se-Indonesia.

Dengan dilandasi latar belakang sejarah lahirnya OSIS dan berbagai situasi, OSIS dibentuk dengan tujuan pokok:

  1. Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negatif dari luar sekolah.
  2. Mendorong sikap, jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.
  3. Sebagai tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

Pada hari senin tanggal 31 Januari 2021 Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Purworejo menyerahkan tanda terima jabatan dan sekaligus memberhentikan kepengurusan OSIS tahun 2021. Kegiatan pengukuhan dilakukan dengan dua agenda yaitu penanda tanganan berita acara oleh ketua OSIS lama yang bernama Muhammad Fawwas A kepada Dava Agwan Aprilian ketua OSIS baru, dan kegiatan terakhir dengan simbol penyerahan bendera dari pengurus lama ke pengurus baru oleh Kepala SMP Negeri 1 Purworejo yaitu Bapak Sutarto, M.Pd