Selasa, 16 April 2024
Bimbingan Belajar

PIKK SMA Karangturi 2022 Mengangkat Tema “Industry 4.0 dan Society 5.0”

PIKK SMA Karangturi 2022 Mengangkat Tema “Industry 4.0 dan Society 5.0”

[et_pb_section fb_built=”1″ theme_builder_area=”post_content” _builder_version=”4.14.6″ _module_preset=”default”][et_pb_row _builder_version=”4.14.6″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_column _builder_version=”4.14.6″ _module_preset=”default” type=”4_4″ theme_builder_area=”post_content”][et_pb_text _builder_version=”4.14.6″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content” hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″]

Tahun ini SMA Karangturi kembali mengadakan kegiatan Pekan Ilmiah dan Kewirausahaan Karangturi atau biasa disebut dengan PIKK. Kegiatan PIKK 2022 diadakan pada tanggal 22–25 Februari 2022 secara daring dengan menampilkan hasil karya ilmiah dari siswa-siswi kelas 11 SMA Karangturi pada pameran virtual yang dapat diakses melalui website pekanilmiah.com. Tidak lupa pula, SMA Karangturi menghadirkan narasumber dan juri-juri yang berkualitas dengan prestasi yang gemilang.

Kegiatan PIKK yang umumnya dilakukan setiap tahun ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan kreativitas siswa-siswi SMA Karangturi dalam melakukan penelitian ilmiah. Pada hari pertama, tanggal 22 Februari 2022, dilaksanakan pembukaan PIKK beserta talkshow dengan seorang narasumber. Pembukaan kegiatan PIKK diawali dengan sambutan Ketua panitia PIKK, Tan Kevin Kristanto, S.Pd serta sambutan dari Kepala Sekolah SMA Karangturi, Dr. Susena, M.Pd. Kegiatan tahun ini terasa lebih spesial dengan menghadirkan  Dr. Bambang Dwi Wijanarko, S. Si., M. Kom, perwakilan dosen dari BINUS University, sebagai narasumber dalam talkshow pembukaan acara PIKK.  Dr. Bambang merupakan dosen di bidang Riset Natural Language Programing-NPL, Kecerdasan Artifisial, Deep Learning, BINUS University. Topik yang diangkat pada seminar di pembukaan ini adalah “Industry 4.0 dan Society 5.0”. Pada kesempatan ini Dr. Bambang menyampaikan hal-hal menarik mengenai industry 4.0 dan society 5.0, mulai dari pengertian, contoh-contoh pengembangan teknologi dari awal, hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang penasaran mengenai topik yang dibahas.

Selanjutnya, pada hari kedua kegiatan PIKK, siswa-siswi kelas 11 memberikan presentasi mengenai karya ilmiah dan penelitiannya kepada guru serta siswa kelas 10, 11, dan 12, SMA Karangturi. Presentasi hasil penelitian ini dilakukan dengan baik oleh para peserta PIKK. Mereka membuat inovasi penelitian baru yang tentunya sangat menarik, memiliki banyak manfaat, serta dapat digunakan di kehidupan sehari-hari. Banyak kelompok yang memanfaatkan perkembangan Artificial Intelligence atau AI dalam proyek penelitian mereka. Selain itu, banyak juga kelompok yang melakukan riset sosial yang dibuat dengan cara memberikan angket kepada siswa-siswi sebagai bentuk dari penelitian mereka. Contoh-contoh penelitian yang dibuat oleh siswa-siswi kelas 11 SMA Karangturi diantaranya:

-) Kegunaan Arduino Sebagai Sistem Monitoring Tanaman dan Alat Irigasi di Sekolah Karangturi.

-) Instalasi Dispenser Otomatis dengan Basis Sensor Infrared (IR) di Sekolah SMA Karangturi.

-) Penerapan Face Mask Detection di Tempat Umum Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19.

-) Alat Pendeteksi Kelelahan Pengemudi Kendaraan Bermotor dengan Bantuan Artificial Intelligence.

-) Analisa Status Twitter Menggunakan Artificial Intelligence.

-) Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah Sebagai Sabun Cuci Tangan (SAMITAH) dengan Ekstrak Daun Mint.

-) Pengaruh Teknologi Terhadap Kesehatan Mental dan Keefektifan Proses Pembelajaran

-) Peran aplikasi tiktok terhadap pertumbuhan dan interaksi sosial pada remaja generasi z.

Dan masih banyak lagi penelitian lainnya yang tentunya sangat luar biasa keren. Ide-ide cemerlang siswa-siswi SMA Karangturi yang tidak ada habisnya disalurkan melalui kegiatan PIKK ini.

Tibalah saat final dan penjurian pada tanggal 24 Februari 2022. Terdapat 5 kelompok yang maju ke babak final, kelompok dari 11 MIPA 5, 11 MIPA 3, 11 MIPA 2, 11 MIPA 4, dan 11 IPS 2. Lima finalis ini menyuguhkan penelitian yang berbeda-beda. Mulai dari peran sosial media terhadap interaksi sosial, penggunaan AI dalam menganalisa cuitan Twitter, penggunaan arduino untuk tanaman, pembuatan dispenser otomatis dengan infra-red, hingga alat pendeteksi otomatis penggunaan masker di tempat umum. Kelima finalis ini dihadapkan dengan tiga juri yang siap menilai penelitian mereka. Tiga juri tersebut adalah Harjanto Halim, M. Sc. (CEO PT Marimas Putera Kencana), Cepi Kurniawan, S. Si., M. Si., Ph. D. (Dosen kimia UNNES), dan juri terakhir yaitu Drs. Ismawanto (Ketua MGMP ekonomi Jawa Tengah). Pada babak final, kelima finalis mempresentasikan karya ilmiahnya lalu dilanjutkan sesi Q&A dengan para juri.

Pengumuman pemenang sekaligus penutupan kegiatan PIKK 2022 ada di hari terakhir yaitu pada tanggal 25 Februari 2022. Setelah berhasil menghadapi para juri dan para peserta lain, akan terpilih kelompok dengan penelitian terbaik sebagai juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, dan juara harapan 2. Ada juga pemilihan juara berdasarkan kategori kepopuleran, lho. Untuk mengetahui bagaimana keseruan PIKK 2022 beserta pemenangnya, simak terus PIKK SMA Karangturi, ya! Kalian bisa mengakses kegiatan PIKK ini melalui website pekanilmiah.com. Sampai jumpa di kegiatan PIKK tahun depan! (Tim K-Magz)

Artikel diterbitkan dalam K-Magz

 

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row _builder_version=”4.14.6″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_column _builder_version=”4.14.6″ _module_preset=”default” type=”4_4″ theme_builder_area=”post_content”][et_pb_gallery _builder_version=”4.14.6″ _module_preset=”default” theme_builder_area=”post_content” gallery_ids=”8752,8751,8750,8749″ hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″][/et_pb_gallery][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]