Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Spenduran Peduli, Spenduran Berbagi

Spenduran Peduli, Spenduran Berbagi

Jum’at 25 Maret 2022. Sebagai sekolah yang terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada Peserta Didik, Orang Tua, dan Masyarakat. SMPN 2 Buduran, dalam Programnya Jum’at Beres. Apa itu Jum’at Beres? Suatu Program yang merupakan kepanjangan dari Bersih-Religi-Sehat. Setiap Jum’at Para Siswa dijadwalkan untuk mengikuti Agenda Senam/OR, Bersih Bersih kelas, atau Sholat Dhuha dan Doa Bersama. Dan terkhusus pagi ini, sebagaimana harapan semua Warga Sekolah dalam mewujudkan Visi, Berimtaq, Berprestasi, Berbudaya IPTEK, dan Peduli Lingkungan. Maka Sekolah mengadakan tambahan Penguatan Karakter Baik pada diri Siswa yaitu Program SPENDURAN PEDULI-SPENDURAN BERBAGI.

Program yang terinspirasi dari Para Alumni yang tergabung dalam Gerakan Santri Pelopor Kebaikan. Yakni Gerakan Kepedulian kepada sesama. Cukup menginspirasi Para Siswa yang masih aktif belajar di SMPN 2 Buduran melakukannya. Fastabikul Khoirot. Berlomba lomba dalam kebaikan. Aktivitas pagi ini yang dihadiri oleh Ketua Komite Pak Ismail, S.Pd.I, Kepala Sekolah Pak Aris Setiawan, M.Pd, Wali Kelas 8, Pembina Imtaq dan perwakilan anak anak Agen Kebaikan berkumpul di halaman depan sekolah. Dan tampak disana beberapa sembako, nasi bungkus, dan uang tunai hasil sedekah Orang Tua.


Kegiatan diawali dari Laporan Perwakilan Wali Kelas 8 Pak Fajar dan dilanjutkan Pengarahan dari Kepala Sekolah, dan Dibuka oleh Ketua Komite.
Ada 6 kegiatan pada program Spenduran Peduli-Spenduran Berbagi di pagi itu :

  1. Bagi siswa Non Muslim berbagi Berkat untuk mendapatkan Kasih Tuhan kepada Penjaga Sekolah dan Kebersihan.
  2. Siswa Muslim Kelas 7 membawa Nasi bungkus yang diberikan kepada Siswa Kelas 8 yang sholat dhuha dan doa Bersama di Masjid An Nuur serta Bersih bersih Masjid di Sekolah.
  3. Siswa Muslim Kelas 8 sholat dhuha dan doa Bersama di masjid.
  4. 8 siswa perwakilan Kelas 8 Bersih bersih Musholla di Ds. Sidokepung (Makam Mbah Sapu Jagad) didampingi oleh Bu Siti Klimah dan Bu Chabibah.
  5. 8 siswa perwakilan Kelas 8 Berbagi sembako, nasi bungkus dan Uang ke Panti Asuhan Ulin Nuha di Ds. Pagerwojo didampingi oleh Bu Iin dan Bu Novi.
  6. 8 siswa perwakilan Kelas 8 Berbagi sembako, nasi bungkus dan Uang ke Griya Yatim Yayasan Sahabat yatim Dhuafa di Ds. Pagerwojo didampingi oleh Pak Fajar dan Bu Hari.

Kegiatan yang hanya berjalan 90 menit dari Pukul 07.00 s.d. 08.30 WIB ini membawa pengalaman yang sangat berharga bagi anak anak, apalagi semua Pembawa Acara, doa disampaikan oleh anak anak sendiri. Guru hanya mendampingi saja.
Dan berikut respon atau testimoni dari beberapa Orang Tua,
“Bu seandainya jum’at berkah nya d adakan stiap bulan mboten nopo2 nggih Bu.”
“Mtr nuwun infox Bu Nanik, Kami sgt mendukung acara spt ini..bisa dilanjut lg 🙏🙏”
“Sami2 Bu Nanik, Kegiatan seperti ini sangat bagus agar anak2 sejak dini memiliki rasa empati dan peduli terhadap kondisi sekitar 👍”

Testimoni Siswa :
https://www.instagram.com/p/CbglhtAFRM7/?utm_medium=copy_link

Semoga Allah ridho dengan Sa’i semua Keluarga Besar SMPN 2 Buduran, hingga akhirnya zam zam pun memancar.
Dan di akhir sedikit pantun untuk bisa dinikmati,
Buah duku beli di Pasar
Makannya dengan berdoa
Anak Spenduran anak yang pintar
Insha Allah kelak jadi orang berguna

Baca Alqur’an diatas sajadah
Jangan lupa sepenuh makna
Orang Tua mana yang tidak bangga
Melihat anak anaknya peduli kepada sesama.

Mohon maaf ya, kalau pantunnya masih belepotan 😊😊😊

Tetap kita budayakan, saling menasehati-menguatkan-mendoakan-dan saling memaafkan.

Spenduran Jaya !!!

Sumber Gambar : Rhoma Izzudin
Oleh : M. Fajar Sidik, M.Pd.
Guru PAI-TPMPS SMPN 2 Buduran