Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK Negeri 5 Pekanbaru Raih Juara 3 dalam Ajang Vocational Video Challenge 2022

SMK Negeri 5 Pekanbaru Raih Juara 3 dalam Ajang Vocational Video Challenge 2022

SMK Negeri 5 Pekanbaru.sch.id- SMK Negeri 5 Pekanbaru berhasil meraih juara 2 dalam ajang Vocational Video Challenge Tahun 2022 yang ditaja oleh pihak Astra Honda Motor. SMK Negeri 5 Pekanbaru mengirim 2 peserta untuk dua ajang perlombaan yaitu lomba kontes Vocational Video Challenge 2022 yang diikuti oleh peserta didik jurusan TBSM a.n Hanafi Ananta Praja kelas XII TBSM. Lomba yang diadakan oleh Astra Honda Motor dilaksanakan secara daring dengan cara mengirimkan sebuah video perlombaan. SMK Negeri 5 Pekanbaru mengambil materi lomba pemeriksaan pada Tegangan Bateray dan Pengukuran Peak Voltage. Adapun untuk materi ini peserta didik wajib menguraikan tentang memeriksa tegangan bateray dan tegangan puncak primer ignation coil dan ignation pulsa generator dengan menggunakan unit sepeda motor Honda Beat. Pelaksanaan pengambilan video lomba dilaksanakan di bengkel Jurusan teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Negeri 5 Pekanbaru dengan persiapan-persiapan yang maksimal. Kegiatan lomba VVC 2022 dilaksanakan sebagai bentuk melatih keterampilan peserta didik dalam memeriksa dan memperbaiki unit sepeda motor, khususnya honda beat. Dengan adanya kegiatan lomba ini, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada peserta untuk dapat meningkatkan kembali kerterampilannya.

Guru Pembimbing lomba, Sonsang Semeru, S.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan lomba dilaksanakan dengan mangembil materi pemeriksaan tegangan baterai dan pengukuran peak voltage sebagai bentuk pengujian keterampilan peserta didik dalam mengasah kemampuan selama pembelajaran dibengkel.

“Alhamdulillah anak kita meraih juara 3 dalam ajang lomba Vocational Video Challenge 2022 yang ditaja oleh pihak Astra Honda Motor (AHM). Semoga kegiatan demikian dapot dilaksanakan kembali pada tahun-tahun berikutnya untuk melatih kemampuan anak-anak kita dalam mendalami praktik pemeriksaan kendaraan bermotor. Kita sudah berusaha memberikan yang terbaik dalam kegiatan ini, dan selamat kami ucapkan kepada ananda yang sudah mengharumkan nama SMK Negeri 5 pekanbaru, semoga ke depannya dapat ditingkatkan kembali dan memberikan hasil yang lebih baik”, Jelas Guru Pembimbing kegiatan, Sonsang Semeru, S.Pd pada saat memberikan keterangan kepada tim liputan.

Lomba VVC Tahun 2022 diikuti oleh lebih dari 50 sekolah tingkat nasional dan SMK Negeri 5 Pekanbaru berhail menorehkan juara 3 pada ajang tersebut.

Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM menyatakan bahwa kegiatan VVC Tahun 2022 sangat berperan aktifa dalam mengingkatkan kualitas kerja peserta didik dalam memperbaiki sepeda motor dan ajang pembelajarana secara universal tingkat nasional.

“Alhamdulillah pada saat ini kita mendapatkan medali perunggu pada ajang pelaksanaan kontes Vocational Video Challenge Tahun 2022. Semoga ke depannya SMK Negeri 5 Pekanbaru menjadi lebih unggul dan baik lagi sehingga dpat menorehkan prestasi-prestasi di tingkat nasional dan internasional. Harapan kami semoga peserta didik SMK Negeri 5 pekanbaru dapat menjadikan ajang seperti ini untuk memotivasi diri masing-masing dalam meningkatkan kualitas ilmu perbengkelan, khususnya di bidang otomotif”, Jelas Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmon, MM pada saat memberikan keterangan kepada tim liputan.

Hasil kerja peserta lomba VVC Tahun 2022 untusan SMK Negeri 5 Pekanbaru dapat dilihat pada tautan berikut ini: