Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) DI MTs N 1 LAMPUNG TENGAH

MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) DI MTs N 1 LAMPUNG TENGAH

Humas – MTsN 1 Lampung Tengah.
Dalam kurikulum 2013, pendidikan karakter menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, sekolah diharuskan untuk membangun peserta didiknya supaya menjadi siswa yang berkarakter. Terlebih lagi bagi siswa yang bersekolah di Madrasah. Bagaimanakah caranya? Ada banyak kegiatan yang dilakukan, tutur Bapak Lekata Rahman, M. Pd selaku Kepala Madrasah. Salah satunya adalah mengadakan kegiatan MABIT atau Malam Bina Taqwa.
Apa itu MABIT? Secara garis besar, kegiatan ini fokus pada penguatan iman dan juga taqwa para siswa. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan MABIT bisa membantu siswa untuk meningkatkan kualitas diri sehingga bisa menjadi siswa yang berkarakter religius berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
Bapak M. Tohir, M. Pd. I selaku pengisi kegiatan menuturkan bahwa MABIT merupakan salah satu sarana tarbiyah untuk melembutkan hati, membina ruhiyah, membersihkan jiwa dan juga membiasakan fisik untuk beribadah. Beribadah yang dimaksud di sini adalah shalat tahajud, dzikir, tafakkur dan tadabbur. Adapun contoh program MABIT adalah shalat berjamaah, membaca dan mengkhatamkan al-Qur’an, shalat sunnah tahajud berjamaah, muhasabah, doa bersama serta kajian “Adab kepada kedua Orang Tua”.
Lanjutnya, melalui kegiatan ini siswa dididik dan dibina supaya menjadi lebih paham dan mengerti betapa pentingnya keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu, siswa diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual saja melainkan juga memiliki peran dan tanggung jawab kepada sesama manusia dan Allah SWT dengan baik.
Ada banyak manfaat yang akan didapatkan siswa dari kegiatan MABIT. Diantaranya yaitu:
1. Meningkatkan iman dan taqwa
2. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
3. Menumbuhkan muhasabah
4. Berupaya untuk menjadi hamba yang bertaqwa
5. Memiliki kesempatan melakukan riyadhah
6. Lebih menghargai waktu