Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Ujian Praktek Siswa

www.smkn1sanggau.sch.id.- Mengakhiri Proses Pembelajaran bagi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sanggau melakukan berbagai Ujian. Setidaknya ada 3 (tiga) macam ujian yang harus diikuti seluruh siswa kelas XII, yaitu Ujian Praktek, Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan Ujian Satuan Pendidikan yang dilaksanakan sejak 24 Maret sampai dengan akhir Mei 2022.

Mapel yang diujikan pada Uian Paktek adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Penjaskes dan Pendidikan Agama.

Satu diantara empat mapel adalah Praktek Agama Islam, yang diujikan oleh Guru Mapel Agama Islam kelas XII yaitu Cucu Thahir, S.Ag. Dengan materi pelaksanaan Fardhu Kifayah. Sebagai salah satu kewajiban umat muslim terhdap umat muslim lainnya adalah mengurusi jenazah muslim mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan dan mengantarkannya sampai ke tempat peristirahatan terakhir.

Ujian ini dilaksanan di Surau At Jaziyah SMKN 1 Sanggau mulai dari hari Senin 28 sampai dengan Kamis 30 Maret 2022 secara berkelompok dan bergiliran.

Pelaksanaan Ujian dengan mengambil materi “Penatalaksanaan Jenazah Muslim” ini bertujuan (1) Agar siswa SMKN 1 Sanggau mengetahui proses pengurusan Jenazah Muslim sesuai ajaran Islam; dan (2) Agar siswa mengetahui & terampil dalam pengurusan jenazah sesuai ajaran Islam. Demikian disampaikan Cucu Thahir, S.Ag. sebagai guru Mapel Agama Islam SMKN 1 Sanggau dan sekaligus sebagai penguji.

Adapun manfaatnya, diharapkan siswa SMKN 1 Sanggau memiliki pedoman bersikap ketika ada anggota keluarganya atau tetangga meninggal dunia serta mampu mengurusnya sesuai ajaran Islam, demikian lanjutnya mengakhiri penjelasannya.