Selasa, 23 April 2024
Sekolah Dasar

SEMARAK KEGIATAN RAMADAN MIN 1 SLEMAN TAHUN 2022

SEMARAK KEGIATAN RAMADAN MIN 1 SLEMAN TAHUN 2022

 

SLEMAN-Setelah dua tahun sebelumnya kegiatan Ramadan di MIN 1 Sleman dilaksanakan secara daring, alhamdulillah pada tahun ini kegiatan Ramadan bisa dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk menyemarakkan bulan Ramadan di MIN 1 Sleman diantaranya adalah Pesantren Kilat (Sanlat), Perlombaan, dan Zakat Fitrah.

Sanlat pada Ramadan tahun ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu pda tanggal 22, 23, dan 25 April 2022 dan diperuntukkan bagi siswa kelas 4 dan 5. Sedangkan bagi kelas 1, 2, dan 3 pembelajaran secara daring, dan bagi kelas 6 pendalaman materi secara tatap muka.

Pada hari pertama dan kedua, anak-anak memperoleh pendalaman materi terkait thaharah dan ibadah salat. Materi tersebut disampaikan oleh Bapak Supriyanta, S.Ag. Setelah itu anak-anak berkumpul dengan kelompoknya masing-masing dan mempelajari lebih dalam materi yang sudah diperoleh bersama dengan guru pembimbingnya. Anak-anak juga melaksanakan tadarus bersama-sama dengan kelompoknya.

Acara pada hari ketiga adalah pelaksanaan lomba. Terdapat dua lomba yang dilaksanakan yaitu lomba membuat kartu ucapan Ramadan secara individu dan lomba praktik ibadah secara berkelompok.

Perlombaan kartu ucapan Ramadan dimenangkan oleh Nuri Fadhil kelas 4B (juara 1), Fathiyya Yasmin kelas 5A (juara 2), dan Alfarisi Hikmatyar Kurniawan kelas 4A (juara 3).

Juara 1 perlombaan praktik ibadah adalah kelompok Hamzah bin Abdul Mutholib yang dibimbing oleh bapak Sutarja, S.Pd dan beranggotakan siswa dari kelas 5A yaitu: Arif Wahyu Dwiyanto, Arjuna Israfiel Haq, Fachri Ali, Fahmi Agus Ramadhan, M. Azza Baihaqi Triyanto, M. Fachri Setya Bagaskara, M. Naufa Finandra, M. Rasyid Ardiansyah dan Aquila Agni Wijaya.

Juara 2 dimenangkan oleh kelompok Abumusa al-Asy’ari dengan pembimbing ibu Yasinta, S.Pd dan beranggotakan siswa dari kelas 5A yaitu Zein Mahsa Zahira dan Zivana Maulida Putri Anindya dan siswa dari kelas 5B yaitu Aliya Luthfiana Az-Zahra, Anjani Mentari Putri, Arnalitta Ananda Rossy, Aurora Desta Putri, dan Fasyalona Ashita Sahira.

Juara 3 dimenangkan oleh kelompok Ammar bin Yasir yang dibimbing ibu Hayatun Nafisah Luthfiyati, S.H. yang beranggotakan siswa dari kelas 5B yaitu Rafina Fauziyyah Azzahra, Safira Azizah Maulana, Salsabilah Adivania Purnamasari, Shakira Aurelia, Syifa Zhafira, Syifana Isnanasywa, Zifara Afrilla Kautsar.

Pada tanggal 26 dan 27 April dilaksanakan pentasharufan zakat fitrah yang melibatkan para guru, staf, dan siswa. Zakat ditasharufkan kepada siswa dan juga kepada masyarakat sekitar madrasah yang berhak.

Semoga dengan adanya kegiatan Ramadan tahun ini, dapat memperdalam keilmuan para siswa dan meningkatkan mutu para siswa dalam beribadah.NF