Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Akuntansi SMK Sandikta Juara III Gema Aksara

Akuntansi SMK Sandikta Juara III Gema Aksara

Dalam rangka merayakan hari Sumpah Pemuda, Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan salah satu rangkaian kegiatan GEMA AKSARA 1.0 yaitu, kompetisi akademik (Accounting Competition) yang diselenggarakan pada tanggal 25-27 Oktober 2021. Kompetisi ini diikuti oleh 12 tim tingkat SMK/SMA/Sederajat yang berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring/online melalui platfrom zoom cloud meeting. Kegiataan ini bertujuan untuk melatih, meningkatkan pengetahuan, dan mengukur siswa/i SMA/SMK dalam memahami teori dan aplikasi ilmu akuntansi.

Olimpiade Akuntansi Gema Aksara

Hari pertama, diadakan babak penyisihan yang dimulai pukul 08.30-12.00 WIB yang dibuka oleh MC, yaitu Anisa Nurjuliyanti. Setelah itu acara diawali dengan sambutan dari Bapak Syamsul Bahri, M.M, M.Kom, selaku ketua program studi akuntansi. Dilanjut sambutan dari ketua umum HIMAKU, Afif Septian serta sambutan dari ketua pelaksana, Farra Anjani Sukarman. Pada babak penyisihan, peserta kompetisi akan mengerjakan 100 soal pilihan ganda secara individu selama 2,5 jam melalui link Quiziz yang telah diberikan oleh panitia, dan nanti nilai anggota akan diakumulasikan menjadi nilai tim. Terdapat 7 tim yang lolos dari babak penyisihan dan masuk ke babak semi final, yaitu sebagai berikut :

  • Tim SMK 2 (SMK Islam PB Soedirman 2)
  • Tim A SMK PR (SMK Perguruan Rakyat)
  • Kelompok Sandikta 2 (SMK Sandikta)
  • Kelompok Sandikta 3 (SMK Sandikta)
  • Tim 2A (SMK Karya Bahana Mandiri 2)
  • Tim 2B (SMK Karya Bahana Mandiri 2)
  • Tim AKL SMK Islam Mahayati (SMK Islam Mahayati)

Hari kedua, diadakan babak semi final yang dimulai pada pukul 08.30-11.35 WIB. Pada babak semifinal, peserta kompetisi akan mengerjakan 50 soal pilihan ganda dan 15 soal essay secara individu selama 2 jam melalui link Quiziz yang telah diberikan oleh panitia, dan nanti nilai anggota akan diakumulasikan menjadi nilai tim, pengerjaannya dilakukan secara live melalui zoom. Terdapat 3 tim yang lolos dari babak semifinal dan masuk ke babak final, yaitu sebagai berikut :

  • Tim A SMK PR (SMK Perguruan Rakyat)
  • Kelompok Sandikta 2 (SMK Sandikta)
  • Tim 2A (SMK Karya Bahana Mandiri 2)

Hari ketiga, diadakan babak final yang dimulai pada pukul 08.30-11.45 WIB. Pada babak final, peserta kompetisi akan diberikan soal beserta lembar jawabannya di ruang Zoom Cloud Meeting, peserta mengerjakan 35 soal essay selama 2,5 jam yang pengerjaannya dilakukan secara kelompok.

Semua tim yang telah berpartisipasi tentunya telah membanggakan dan mengharumkan nama sekolah. Namun, bagi tim yang gugur, harus tetap semangat dan jangan putus asa, tetap belajar dan berjuang untuk kesempatan di perlombaan lainnya.

Ucapan selamat kami berikan kepada :

Juara 1 : Tim 2A (SMK Karya Bahana Mandiri 2)
Juara 2 : Tim A SMK PR (SMK Perguruan Rakyat)
Juara 3 : Kelompok Sandikta 2 (SMK Sandikta)

Selamat kepada para pemenang accounting competition di Kegiatan GEMA AKSARA 1.0. Untuk kalian yang belum menjadi pemenang, kalian adalah orang hebat yang berani untuk mencoba.