Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop Menulis Aksara Jawa Dan Aksara Lontara

Workshop Menulis Aksara Jawa Dan Aksara Lontara

Tanggal 11-12 Mei 2022 siswa Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta, Irene Evania dan Alexandra Bunga kelas X juga Marsha Kurnia Sari kelas XI mengikuti acara Workshop menulis Aksara Jawa dan Aksara Lontara yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) bertempat di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta.

Siswa SMK Marsudirini Marganingsih tersebut mengunjungi pameran internasional tipografi Typefest 2022, dimana terdapat berbagai pameran aksara Jawa yang ditulis menjadi sebuah tipografi yang indah. Mereka menerima penjelasan mengenai sejarah aksara Jawa beserta penggunaan sandhangan, pasangan, murda dan angka yang benar. Juga dijelaskan mengenai sejarah aksara lontara yang berasal dari Suku Bugis Makasar dan penerapannya pada masa lampau. Merekapun berkesempatan menulis menggunakan aksara Jawa dan aksara lontara.

Dengan adanya workshop tersebut, diharapkan budaya aksara Jawa dan aksara lontara tidak luntur dan semakin berkembang menjadi nilai seni tinggi yang dapat menjadi aset budaya bangsa.


Ide tulisan oleh: Bp.N. Nindyo Djoko Purwono, S.Sn — IT & Web Creator