Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTs Negeri 4 Klaten Gelar Akhirussanah TP 2021/2022 di GOR Widya Farma Troketon

siswa berfoto bersama setelah acara akhirussanah

Pedan-MTs Negeri 4 Klaten gelar akhirussanah TP 2021/2022 di GOR Widya Farma Troketon, pagi ini (21/5). Kegiatan ini diikuti oleh 158 siswa kelas IX yang telah menempuhUjian Madrasah (UM) pada 18-25 April 2022. Acara ini dihadiri oleh keluarga besar MTs negeri 4 Klaten yang meliputi: guru, tenaga kependidikan,  komite, orang tua siswa kelas IX, siswa kelas IX, tamu undangan, dan pengisi acara (40 siswa kelas VII dan VIII).

Sebelum acara dimulai, seluruh siswa kelas IX berkumpul di madrasah dengan mengenakan pakaian yang telah ditentukan. Siswa putri mengenakan kebaya dan siswa putra mengenakan jas berwarna gelap. Mereka melakukan pawai dari madrasah menuju GOR Widya Farma (jarak sekitar 550 m) dengan didampingi wali kelas dan diiringi hadroh.

Sesampainya di GOR, seluruh siswa kelas IX duduk sesuai tempat duduk yang telah ditentukan. Sebelum acara dimulai, hadirin menyaksikan penampilan hadroh dari siswa kelas VII dan VII, pidato Bahasa Arab oleh Faza (kelas VIII E), dan Pidato Bahasa Inggris oleh Rora (kelas VIII F). Tepat pukul 08.30 WIB acara akhirussanah dimulai dengan dipandu oleh pembawa acara yaitu Nabila dari kelas VIII F dan Faiza dari kelas VIII E.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran (Surat Al Hujurat ayat 10-14) yang disampaikan oleh Muhammad Asep Lutfi (siswa kelas IX B), kemudian paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya Kepala MTs Negeri 4 Klaten (Ibu Umi Muslikhah) memberikan sambutan, dalam sambutannya beliau berpesan agar siswa kelas IX harus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, beliau juga berharap seluruh siswa MTs Negeri 4 Klaten bisa sukses dunia dan akhirat.

Sambutan juga diberikan Bapak Nur Rohman, M.Pd., selaku ketua komite MTs Negeri 4 Klaten. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada bapak/ibu guru MTs Negeri 4 Klaten yang mana telah mendidik dan mengajar para siswa. Tak hanya itu, beliau juga mengimbau kepada bapak/ibu wali siswa kelas IX agar mendaftarkan putra/putrinya, kerabat, dan tetangga sekitar ke MTs Negeri 4 Klaten.

Selanjutnya, Bapak Supriyadi selaku wali dari Luqman Alam kelas IX E memberikan kesan dan kesannya kepada MTs Negeri 4 Klaten. Senada dengan sambutan dari ketua komite, beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada bapak/ibu guru MTs Negeri 4 Klaten yang mana telah mendidik dan mengajar para siswa dengan penuh kesabaran.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Tahfid dari Arru Razan (kelas VIII B) dan Habib (kelas VIII D). Mereka menyampaikan surat Al Hasyr ayat 10-24. Setelah itu tibalah diacara inti yaitu prosesi wisuda. Peserta wisuda (siswa kelas IX) naik ke atas panggung satu per satu kemudian kepala madrasah (Ibu Umi Muslikhah) mengalungkan samir kepada setiap siswa.

Dalam akhirussanah ini juga ada pamitan dari kelas IX yang diwakili oleh Shifa Azhari (kelas IX F) dan ditanggapi oleh Mahfud Ridho (kelas VII D) sebagai perwakilan kelas VII dan VIII. Selain itu juga diberikan apresiasi kepada siswa yang memperoleh juara dalam berbagai perlombaan.

Setelah acara inti selesai, para tamu undangan menyaksikan penampilan bakat siswa diantaranya :

  1. Menyanyikan lagu “Ibu” oleh Izaz (kelas IX D) dan Rizki Yulia (kelas VIII C) ;
  2. Deklamasi puisi “Guruku Pelita Hatiku” oleh Arini (kelas VII C);
  3. Penampilan tari oleh Talenta (kelas VII E);
  4. Menyanyikan lagu “Terima Kasihku” oleh seluruh siswa kelas IX; dan
  5. Menyanyikan lagu “Selamat Tinggal Guru dan Kawanku” oleh siswa kelas IX E.

Acara ditutup dengan doa oleh Bapak Suratno. Akhirussanah MTs Negeri 4 Klaten hari ini berjalan cukup lancar dan selesai tepat pukul 11.15 WIB. Sebelum pulang, seluruh siswa berfoto bersama teman sekelas dan wali kelas.

LY