Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

STEMSA, TUAN RUMAH RAKORNAS SOBAT 2022

STEMSA, TUAN RUMAH RAKORNAS SOBAT 2022

United Tractors yang merupakan anak usaha Astra Internasional menunjuk SMK negeri 01 Semarang (stemsa) untuk menjadi tuan rumah kegiatan Rapat Koordinasi Nasional sekolah binaan United Tractors (SOBAT) tahun 2022. Penunjukan ini terkait dengan posisi SMK Negeri 01 Semarang yang merupakan salah satu sekolah binaan united traktors yang memiliki prestasi dan keunggulan dibanding sekolah lain.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 6 hingga 8 Juni kemarin berlangsung dengan meriah dan lancar. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yakni berlangsung secara offline dan online. Peserta yang datang secara offline di SMK Negeri 01 Semarang sebanyak 87 sekolah dari seluruh indonesia dan beberapa perguruan tinggi vokasi yang masuk binaan PT UT. Kegiatan meeting dilangsungkan di Aula stemsa. Sedangkan kegiatan ramah tamah, coffebreak dan makan dilakukan di Hall sekolah dengan di hibur band dan organ tunggal dari guru dan siswa stemsa.

Kegiatan rakornas SOBAT 2022 dibuka dengan sambutan selamat datang oleh kepala SMK Negeri 01 semarang Bpk. F. Budi santoso, S.Pd, M.Si. dilanjutkan dengan opening statement oleh direktur CSR PT UT Bp. Himawan, dan pembukaan kegiatan secara resmi di buka oleh Plt direktrur mitras dudi kemendikbuddikti Bp. Saryadi secara online. Pada sambutannya bpk  saryadi menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT UT yang telah banyak membantu pendidikan khususnya pendidikan vokasi di Indonesia dan berharap PT UT terus bisa membagi CSR nya kepada sekolah sekolah yang membutuhkan.  Setelah pembukaan peserta dihari pertama mengikuti beberapa sesi webinar online yang juga diikuti oleh peserta lain secara online dari berbagai sekolah di Indonesia. Pada kesempatan ini juga diberikan secara simbolis dukungan PT UT kepada SMK Negeri 01 semarang dalam program SMK PK pemadanan dan juga pemberian bantuan safety center senilai 100 juta rupiah.

Hari ke dua, diisi kegiatan diskusi dan paparan program SOBAT untuk tahun 2022 bersama PT united tractors pusat dan koordinator wilayah masing masing. Peserta juga mendapat gambaran kegiatan LKS teknik alat berat dari pusat prestasi nasional.

Untuk hari ke 3, peserta mendapatkan gambaran kegiatan yang dilakukan oleh Astra grup dengan narasumber Bpk Herlambang, kemudian juga sharing sekolah yang telah berhasil oleh SMK PGRI Ponorogo dan SMK Negeri 01 Semarang. Rakornas ditutup dengan kegiatan city tour ke Lawang sewu dan gama resto candi menggnakan bus tingkat denok kenang milik pemkot Semarang.

Sunar, Humas stemsa