Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Penilaian Kenaikan Kelas (PKK) Semester Genap Berbasis Hots

SMAN 8 Kepulauan Tanimbar melaksanakan penilaian kenaikan kelas semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dari tanggal 6 s/d 14 Juni 2022. Kegiatan penilaian kelas (PKK) untuk kelas X dan kelas XI berbasis Hots dengan bentuk soal uraian sebanyak 10 butir soal disampaikan Wakasek bidang kurikulum Ibu Marlona Kissya, S.Pd dalam pertemuan tertanggal 3 Juni 2022. Ibu Kissya  mengatakan bahwa untuk penilaian kenaikan kelas kali ini soal dalam bentuk uraian berbasis soal hots. Soal akan diserahkan ke bidang kurikulum untuk dilakukan pengeditan untuk selanjutnya soal akan digandakan oleh team pengepakan. Bidang kurikulum berharap setiap guru dapat menyerahkan soalnya tepat waktu termasuk penyusunan kisi-kisi soal dan kartu soal.

Pada kesempatan yang sama, Ibu kepala sekolah menegaskan apa yang telah disampaikan oleh Ibu Wakasek bidang kurikulum bahwa selain penyusunan kisi-kisi soal, kartu soal dan butir soal bapak dan Ibu diharapkan untuk menyusun rubrik penilaian yang berisi pemarkaan.

Soal uraian berbasis Hots berarti soal tersebut memiliki tingkat analisis yang tinggi sesuai level kognitifnya. Dalam Bloom dan Anderson kita bisa lihat klasifikasi ranah kognitif misalnya C1 dan C2 (ingatan dan pemahaman) ada dalam ranah tingkat berpikir rendah atau lots. Sementara, tingkat berpikir sedang atau mots yang diklasifkasikan dalam ranah kognitif C3 dan C4 (penerapan, analisis dan sintesis). Sedangkan tingkat berpikir tinggi atau hots diklasifikasikan dalam ranah kognitif C5 dan C6 (evaluasi, kreasi dan mencipta) ujar Ibu Pattian.

Lebih lanjut, Ibu kepala sekolah meminta kurikulum agar kisi -kisi soal dan kartu soal untuk diprint out dan dijadikan arsip dalam pengembangan perbaikan penulisan soal-soal hots selanjutnya. Diakhir rapat tersebut kepala sekolah mengharapkan kerja sama dari semua pihak termasuk panitia, pengawas dan pegawai Cs di lingkungan SMAN 8 Kepulauan Tanimbar untuk bersama menyukseskan penilaian kenaikan kelas.redhumasman8kkt