Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

Permudah Guru, Tim PKM Dosen Prodi Statistika FMIPA Untan Kenalkan Pengolahan Data Melalui Microsoft Excel

Permudah Guru, Tim PKM Dosen Prodi Statistika FMIPA Untan Kenalkan Pengolahan Data Melalui Microsoft Excel

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Program Studi Statistika FMIPA Untan adakan kegiatan bertema, ‘Pelatihan Analisis Data untuk Guru Matematika di Kabupaten Kubu Raya’ diikuti oleh 50 peserta di Hotel Mercure Pontianak  pada Senin (13/6).

“Sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka diadakan pengabdian kepada masyarakat dengan harapan dapat membantu guru mata pelajaran matematika di Kubu Raya dan sekitarnya baik dalam penelitian guru maupun pembuatan soal,” ungkap Shantika Martha, M.Si selaku penanggung jawab tim PKM Dosen Program Studi Statistika FMIPA Untan.

Berbeda dengan PKM sebelumnya, PKM tahun ini berkolaborasi dengan tim PKM Dosen Program Studi Matematika FMIPA Untan serta menjalin mitra dengan MGMP dalam melaksanakan pelatihan bagi guru mata pelajaran Matematika SMP-SMA di Kubu Raya dan sekitarnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan, dan kata sambutan oleh Ibu Wartini M.Pd. dari MGMP Matematika, beliau menyampaikan “Semoga kegiatan pelatihan ini memberikan  ilmu yang berguna bagi guru serta untuk kedepannya kerjasama dapat berlanjut hingga kedepannya”. Acara selanjutnya kata sambutan oleh ketua Jurusan Matematika Dr. Yundari, M.Sc beliau menyampaikan bahwa “Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan rutin tahunan Dosen yang wajib diadakan setidaknya 1 kali”.

Menghadirkan Hendra Perdana, M. Sc sebagai pemateri, diperkenalkan fitur dari Ms. Excel yang jarang diketahui terutama dalam analisis data maupun pengolahan soal yang lebih sederhana namun efisien. Tak hanya analisis data, melalui materi yang disampaikan pula dapat membantu guru dalam analisis soal pilihan ganda hingga penentuan peringkat secara sederhana dan mudah.

Effendi, salah satu peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan. Beliau mengaku materi yang dibawa hari ini membuat dirinya memahami ternyata analisis data tidak terlalu rumit sehingga dapat dipelajari dan sangat membantu pekerjaan guru.

“Harapannya semoga frekuensi pelatihan berbasis IT dapat lebih banyak dilakukan sehingga kami para guru lebih bertambah ilmunya dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sehari-hari di sekolah,” pungkasnya.

Diharapkan PKM ini memberikan dampak positif dan dapat diterima dengan baik oleh peserta, sehingga dapat memberikan pengetahuan mengenai Analisis data terutama dalam penerapan pembuatan soal dengan baik dan efisien.