Sabtu, 02 Juli 2022
Sekolah Menengah Pertama

Banyak Harapan di Seleksi PPDB Reguler MTsN Surakarta 1

Banyak Harapan di Seleksi PPDB Reguler MTsN Surakarta 1

Banyak Harapan di Seleksi PPDB Reguler MTsN Surakarta 1

 

 

Surakarta-MTsN Surakarta 1 menggelar seleksi PPDB tahap 2 Program Reguler pada Minggu (12/06/2022). Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.30 – 11.00 bertempat di seluruh lantai 2 gedung 1 MTsN Surakarta 1. Pendaftaran Program reguler ini dimulai dari 4-10 Juni 2022 secara daring dan luring. Hasil seleksi akan diumumkan pada 15 Juni 2022. Sebanyak 346 peserta seleksi memperebutkan 128 kursi di kelas reguler.Rangkaian kegiatan PPDB tahap 2 ini akan diakhiri pada tanggal 18 Juni 2022 dengan kegiatan .

 

Seleksi PPDB tahap 2 ini terdiri dari 2 tes. Tes pertama dimulai pukul 07.30 – 09.30 untuk mapel akademik yang terdiri dari Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika. Tes kedua dimulai pukul 10.00 -11.00 dengan mata uji Baca Tulis Alquran. “Sejumlah 346 peserta seleksi terbagi ke dalam 16 ruang tes yang semuanya berada di lantai 2. Setiap ruang dijaga oleh 1 orang pengawas,”jelas Joko Susilo, Panitia PPDB. Joko berharap semua peserta datang tepat waktu mengikuti tes sesuai jadwal.

 

Seluruh panitia PPDB tahap 2 berusaha mempersiapkan kegiatan ini sebaik mungkin. Pada waktu mendaftar, panitia sudah memberikan penjelasan dan pengarahan pada calon siswa maupun calon wali siswa untuk memperhatikan jadwal pelaksanaan seleksi. “Padahal, semuanya sudah tertulis dalam nomor tes, apakah itu membawa makanan, pensil, penghapus, dan sebagainya. Namun, tetap saja ada beberapa anak yang tidak membawa peralatan tulis saat tes seleksi. Contohnya, tidak membawa pensil 2B dan penghapus,” tutur Edi Hartanto, Ketua Panitia PPDB.

 

Animo masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di MTsN Surakarta 1 ternyata cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan kenaikan jumlah pendaftar pada tahun ini. “Alhamdulillah MTsN Surakarta 1 ternyata masih menjadi madrasah pilihan untuk warga Solo Raya dan sekitarnya. Kami segenap civitas akademika MTsN Surakarta 1 berusaha melaksanakan seleksi ini sebaik-baiknya dengan menjunjung integritas. Semoga dengan cara seperti itu dapat menjaring siswa yang kompeten, sholih-sholihah, mental yang kuat, dan memiliki talenta-talenta yang luar biasa baik di bidang akademik maupun nonakademik,”harap Nurul Qomariyah, Kepala Madrasah. Nurul juga berharap bahwa siswa yang masuk seleksi dapat membawa MTsN Surakarta 1 menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat.

 

Peserta seleksi PPDB tahap 2 mengikuti tes dengan penuh harap. Mereka berharap bisa lolos dan bergabung di MTsN Surakarta 1.“Soalnya lumayan susah. Tapi, insyaa Allah bisalah,” ujar Afrianto, Peserta seleksi dari SD Djama’atul Ichwan Program Utama. Lain lagi pendapat peserta seleksi dari SD Al Islam, Adhelia Calista Putri. Menurut Adhelia tesnya mudah dan ia merasa bisa mengerjakan. “Bismillah, semoga tes yang saya kerjakan mendapatkan hasil terbaik  dan saya dapat bergabung di madrasahnya para juara.” (Tim Jurnalis)

 

 

 

 

 

 

Pendapat dari beberapa peserta yang mengikuti seleksi PPDB Program Reguler Tahun Ajaran 2022/2023, rata-rata adalah sedikit sulit, namun ada juga yang mengatakan mudah.

 

“Senang, karena terasa seperti ujian pada umumnya, dan ujiannya terasa lumayan sedikit susah”, ujar Quinsha yang merupakan peserta PPDB Program Reguler Tahun Ajaran 2022/2023 dari MIN Surakarta

 

” Perasaan saya saat menyelesaikan tes ga gimana gimana, tapi soalnya sedikit susah”, ujar Alviano yang juga merupakan peserta PPDB Program Reguler Tahun Ajaran 2022/2023, yang berasal dari SD Djama’atul Ichwan program utama.

 

“Rasanya plong dan lebih gampang dari yang kemarin”, itulah yang dikatakan Adhelia Calista Putri, salah satu peserta PPDB Program Reguler tahun ajaran 2022/2023 yang berasal dari SD Al-Islam.

 

 

(Anisa/Auryn)