Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Market Day Pasca PAT MTs Negeri 4 Klaten Berlangsung Meriah

gambar siswa sedang melakukan kegiatan jual beli

Pedan-MTs Negeri 4 Klaten menggadakan Market Day selama 2 hari (17-18/6) setelah Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII secara begantian mereka menjadi penjual dan pembeli. Pada Jumat (17/6) siswa kelas VIII menjual, sementara siswa kelas VII membeli. Sebaliknya, pada Sabtu (18/6) siswa kelas VII menjadi penjual sementara siswa kelas VIII menjadi pembeli.

Tempat untuk kegiatan market Day ini adalah di teras (depan kelas VIII A-C dan IX D-F). Sejak pukul VII para penjual telah menata dagangannya di meja-meja yang disediakan. Mereka menata dagangannya semenarik mungkin dan tak lupa menempelkan kertas bertuliskan nama dagangan beserta harganya.

Dagangan yang dijual bervariasi, seperti kudapan, minuman, bumbu dapur, sayuran, jamu tradisional, dan assesories. Bahkan ada yang membawa kompor untuk memastikan makanan yang dijual tetap hangat. Harga untuk dagangan bervariasi mulai seribu hingga lima ribu rupiah. Para pembeli dengan sabar mengantre untuk membeli dagangan.

Kegiatan ini dinilai positif baik oleh guru maupun siswa. Hal ini terlihat dari antusiasnya seluruh siswa saat menjadi penjual maupun pembeli. Banyak hal yang mereka dapatkan seperti berlatih jual beli dan mengelola keuangan. Kegiatan ini berakhir sekitar pukul 10.00. Mereka mengaku senang dan berharap ada kegiatan serupa di lain waktu.

LY