Senin, 03 Oktober 2022
Sekolah Menengah Atas

Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Anggota Baru Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Dolopo

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan oleh seluruh ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Dolopo. Kegiatan ini dipersembahkan kepada anggota baru ekstrakurikuler dengan tujuan agar seluruh anggota baru dapat memahami seluk beluk ekstrakurikuler yang mereka ikuti lebih mendalam. Nah, dengan tujuan tersebut, tentunya semua anggota ekstrakurikuler dapat merasakan arti penting Diklat bagi kelangsungan ekstrakurikuler ke depannya, baik secara kualitas anggota maupun kualitas kegiatan menurut versi masing-masing.

Upacara Pembukaan Diklat

Bagi KIR Newton sendiri, adanya Diklat ini sangat berarti untuk kelangsungan kegiatan ekstrakurikuler ke depannya. Mulai dari pengenalan materi ilmiah, kegiatan eksperimen ilmiah, serta penyusunan karya tulis ilmiah. Semua hal yang berkaitan dengan Sains akan dipelajari di ekstrakurikuler KIR ini.

Pada Hari Jumat, 17 Juni 2022 kegiatan Diklat dilaksanakan secara serentak oleh seluruh anggota ekstrakurikuler. Mulai dari Pramuka, PPU, KIR, PALA, Teater, Rohis, Ekstraga, dan PMR. Kegiatan dimulai dengan Apel Pembukaan pada pukul 07.00. Apel ini bertujuan untuk meresmikan bahwa kegiatan Diklat telah dibuka. Setelah itu, rangkaian acara berlanjut pada penyampaian materi oleh sekolah. Adapun beberapa tema materi yang disampaikan, sebagai berikut.

  • Kebijakan Sekolah dan Manajemen
  • Penulisan Proposal
  • Kepemimpinan

Kegiatan – kegiatan di atas masih bersifat umum, dimana semua ekstrakurikuler dengan tanpa terkecuali mendapatkan arahan dan materi yang sama. Acara diberhentikan sejenak saat tiba waktu ISHOMA. Karena hari ini merupakan hari Jumat, kegiatan ISHOMA berlangsung lebih lama. Setelah ISHOMA selesai, barulah dimulai kegiatan intern masing-masing ekstrakurikuler. Pada salah satu rangkaian acara ini, para guru menyerahkan semua tanggung jawab pada pembina dan pengurus ekstrakurikuler.

Upacara Pembukaan Diklat

KIR Newton berkesempatan melakukan permainan – permainan menarik pada kegiatan intern. Mulai dari mengerjakan quiziz, permainan riddle, juga penjelajahan sebagai penyelesaian sebuah misi rahasia. Dalam hal ini, pemain diharuskan mencari potongan kertas yang tersebar di beberapa penjuru sekolah untuk menyelesaikan tantangan riddle. Petunjuk pemecahan riddle  pun ada, walau ditempatkan secara terpisah dari riddle tersebut. Peserta harus dapat menyelesaikan riddle, beserta alasan jawabannya.

Tantangan riddle

Mungkin tantangan itu terdengar sulit, tetapi sebenarnya tidak akan “terlalu sulit” jika peserta bisa memahami soal tersebut dengan baik. Clue yang diberikan pun cukup jelas untuk dapat menarik kesimpulan pemecahan masalah.

Makan Siang

Demikian uraian tentang berlangsungnya kegiatan Diklat pada hari ini. Puji syukur, semua berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah semangat para anggota baru ekstrakurikuler agar semakin bangga dan cinta pada ekstra yang digelutinya.

KIR NEWTON

We are smarter Generation