Sabtu, 02 Juli 2022
Sekolah Menengah Pertama

Pramatsa Juara Umum di Wijaya Scout Competition 2022

Pramatsa Juara Umum di Wijaya Scout Competition 2022

Pramatsa Juara Umum di Wijaya Scout Competition 2022

 

Surakarta-Pramuka MTsN Surakarta 1 (Pramatsa) berhasil menjadi juara umum di Ajang Wijaya Scout Competition (WSC) 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri semarang (UNNES). Lomba tersebut digelar secara daring di pangkalan MTsN Surakarta 1 pada Sabtu (18/06/2022). Dalam WSC terdapat 2 cabang lomba yaitu cipta baca puisi dan iklan layanan masyarakat.

Pramatsa mengirim 2 tim utuk mengikuti WSC. Setiap tim terdiri dari tim putra dan putri. Tim 1 putri untuk cabang lomba cipta baca puisi diwakili oleh Nabila Asma Dzakiyah (kelas 9 FD2) menduduki juara 1 dan  Zhahfran Zaidan Safa (kelas 8A) dari tim 1 putra menduduki juara 2. Tim 1 putri untuk cabang lomba Iklan layanan masyarakat terdiri dari 3 orang Nashira Bilqis (kelas 9 PK2), Nafisa Nailal Husna (kelas 9 PK3) dan Syafana Sherly Romadhona (kelas 9A) menduduki juara 1 dan tim putra yang terdiri dari Hayyunefin Maaris (kelas 9PK2), Maulana Arkan (kelas 9PK2) dan Farrrel Ahmad (kelas 7TQ) menduduki juara 2. Tim 2 putra  untuk cabang lomba iklan layanan masyarakat  yang terdiri dari Gagah Zakya (kelas 7S4) Haqi Ulinuha 7S3, dan Esa Maulana (kelas 7S2) menduduki juara 1. Dari 2 cabang lomba  dari kategori putra dan putri ada 5 capaian  yang dapat diraih oleh Tim Pramatsa sehingga mengantarkan Pramatsa menduduki juara umum.

Untuk mendapatkan capaian prestasi yang luar biasa ini memerlukan kerjasama yang luar biasa antar anggota tim. Persiapan dan latihan dilakukan hampir setiap hari menjelang babak penyisihan pada tanggal 14 Juni 2022. Pada babak penyisihan ini Tim 1 dan 2 baik putra dan putri masuk ke babak final semua. Babak final berlangsung pada tanggal 18 Juni 2022 dengan cara presentasi secara daring. “Dalam kerja tim kita saling suport dan memberi kepercayaan pada tiap anggota. Kita juga berusaha menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri agar dapat menampilkan yang terbaik saat presentasi,”jawab Fathya Khanza Andini, Peserta lomba. “Rasa senang dan bangga dapat terpilih untuk mengikuti lomba ini, karena saat seleksi harus menyisihkan sekian banyak anggota Dewan Penggalang yang lain,”tambah Fathya.

Tidak hanya Tim Pramatsa yng mempunyai semangat yang luar biasa dalam mempersiapakan lomba tahunan ini, tetapi Pembina dan Pendamping lomba juga tak ketinggalan. Pembina Pramatsa dengan semangat dan telaten membimbing Tim Pramatsa. Pembina memberi arahan dan masukan agar konten dalam lomba Iklan layanan masyarakat dikemas dengan menarik dan pesannya tersampaikan. “Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang mereka hadapi,”jelas Nirmala, Pembina Pramatsa. Nirmala juga menyampaikan Tim Pramatsa yang sudah terpilih untuk mewakili lomba berusaha mengikuti lomba dengan sebaik-baiknya agar dapat memenangkan lomba tersebut. “Alhamdulillah hasil tidak mengkhianati usaha, Tim Pramatsa meraih juara umum,’tutur Nirmala.

“Jangan cepat puas dengan hasil yang sudah diraih. Terus berusaha dan terus belajar untuk meraih yang terbaik. Capaian luar biasa ini, saya harap dapat memotivasi Tim Pramatsa untuk lomba-lomba selanjutnya. Terima kasih untuk Tim Pramatsa yang luar biasa. Terima kasih karena juara umum WSC tahun ini dapat kita peroleh kembali. Terima kasih Pramatsa yang selalu berjaya,”ungkap nurul Qomariyah, Kamad. (Tim Jurnalis/ Diana).