Sabtu, 02 Juli 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK 1 Perguruan Cikini Luluskan Sejumlah 415 Siswa pada Wisuda Tahun Pelajaran 2021/2022

Kepala SMK 1 Pergruan Cikini Bpk. Rifat M.Pd membuka acara wisuda tahun pelajaran 2021/2022 (11/06/2022)

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id – Pada penyelenggaraan wisuda, SMK 1 Perguruan Cikini meluluskan sejumlah 415 siswa yang berasal dari 7 kompetensi keahlian yang ada. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 tersebut bertempat di lapangan upacara SMK 1 Perguruan Cikini.

Para wisudawan mengikuti prosesi wisuda dengan hikmat (11/06/2022)

Wisuda tahun ini mengangkat tema,”Membangun generasi inovatif, kreatif, dan kompeten yang berakhlaq mulia menuju implementasi kurikulum SMK Pusat Keunggulan”, sebagai bentuk semangat seluruh stakeholder sekolah dalam menyongsong program kurilkulum Pusat Keunggulan yang akan dilaksanakan tahun pelajaran mendatang.

Pada pelaksanaannya acara wisuda dibuka dengan pertunjukan kesenian angklung untuk penyambutan tamu undangan, hadroh, marching band, dan musik akustik yang menambah semarak acara wisuda SMK 1 Perguruan Cikini.

Pembawa acara Bpk. Anwar Setiadi, S.Pd dan Ibu Rizqiyati, M.Pd tengah menyapa para wisudawan dan para tamu undangan (11/06/2022)

Acara wisuda dipandu oleh pembawa acara Bpk. Anwar Setiadi, S.Pd dan Ibu Rizqiyati, M.Pd dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perguruan Cikini yang dipimpin oleh dirijen Ibu Fitri Nurmala Sari, S.Pd.

Seremonial wisuda dibuka oleh Kepala SMK 1 Perguruan Cikini, Bpk. Rifat. M.Pd sekaligus memberikan sambutan hangat kepada para wisudawan dan seluruh tamu undangan. Dalam Sambutannya beliau menyampikan urgensi skill dan kompetensi lulusan SMK dalam menghadapi era industri 4.0 dan program kurikulum Pusat Keunggulan. Dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dikdasmen Yayasan Perguruan Cikini Bpk. Drs. Susiyanto, M.Pd., dan sambutan perwakilan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) dari PT. Komatsu Indonesia, Bpk. Rofiur Rutab. MT.

Pembacaan SK Kelulusan Siswa Tahun Pelajaran 2021/2022 oleh Bpk. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bpk. Sugeng Ependi, S.Si (11/06/2022)

Acara prosesi wisuda berlanjut dengan pembacaan SK Kelulusan Siswa Tahun Pelajaran 2021/2022 oleh Bpk. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bpk. Sugeng Ependi, S.Si. Dilanjutkan dengan pengukuhan  wisudawan dan penyematan medali kepada wisudawan oleh Kepala SMK 1 Perguruan Cikini, Bpk. Rifat. M.Pd.

Para tamu undangan VIP dan para orang tua wali wisudawan hadir pada acara wisuda (11/06/2022)

Diakhir penyematan medali hadir sebuah momen mengharukan yakni, salah satu orang tua wisudawan hadir untuk mewakili penyematan medali anaknya yang telah dipanggil Allah SWT beberapa waktu sebelum pelaksanaan wisuda, yakni orang tua dari wisudawan kelas XII TKJ A Muhammad Shubhi Ariq Pratama, diakhiri dengan doa bersama untuk almarhum dari seluruh wisudawan dan para tamu undangan dengan hikmat.

Para wisudawan dengan perolehan nilai lulusan terbaik setiap kompetensi keahlian (11/06/2022)

Wisuda tahun ini merupakan wisuda luring untuk pertama kali sejak era pandemi yang terjadi dalam dua tahun terakhir, berharap hal ini akan menjadi momen terbaik dalam proses pendidikan untuk masuk pada kondisi normal baru, sehingga pendidikan dapat menghasilkan output lulusan yang memiliki bekal skill kompetensi terbaik dan berkarakter unggul yang mampu bersaing pada pasar industri.

Penulis : Asghor

Photo : Fidela & Team