Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Guru PAI dan Bahasa Arab MAN 2 Sleman Ikuti Bimtek Pengisian Konten PAI Jogja Madrasah Digital

Guru PAI dan Bahasa Arab MAN 2 Sleman Ikuti Bimtek Pengisian Konten PAI Jogja Madrasah Digital

Sleman (MAN 2 Sleman)- Guru Akidah Akhlak Dian Alqoma, S.Pd.I dan Bahasa Arab Muhammad Badruddin, S.Pd., mengikuti kegiatan Bimtek Pengisian Konten PAI Jogja Madrasah Digital pada hari Selasa (21/06/2022) di Aula Rapat Kanwil Kemenag DIY. 

Kegiatan ini dihadiri tiga guru perwakilan dari masing-masing mata pelajaran rumpun PAI dan Bahasa Arab yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MA DIY. Antara lain mapel Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Bahasa Arab, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. 

Dibuka langsung oleh Kasi Guru Bidang Dikmad Kanwil Kemenag DIY, Edy Purwanto menjelaskan pemanfaatan media digital dalam proses belajar mengajar sangat penting dan MGMP memiliki peran besar untuk ikut andil mewujudkan pembelajaran berbsis digital. “Peran MGMP sangat dibutuhkan untuk pengisian konten-konten dalam Jogja Madrasah Digital, antara lain penentuan materi yang akan diisikan dalam aplikasi,” tuturnya.

Ia menambahkan Aplikasi yang ada saat ini belum ada yang memuat materi PAI dan Bahasa Arab yang merupakan mata pelajaran wajib yang ada di madrasah. “Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi kemajuan madrasah dan menjadi bisa menjadi kebanggan madrasah Yogyakarta, selaras dengan semboyan kita “Dari Jogja untuk Indonesia”, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Badruddin menyampaikan rasa senang karena MGMP PAI dan Bahasa Arab dilibatkan langsung dalam kegiatan ini. “Dengan dilibatkan langsung dalam pengisian konten dalam aplikasi ini merupakan inovasi yang luar biasa dari Kanwil DIY, dan tentu saja sangat bermanfaat karena aplikasi sebelumnya belum ada mapel PAI dan Bahasa Arab, kita tau materi apa yang dibutuhkan siswa sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran,” katanya. (Qoma)