Jumat, 19 April 2024
Sekolah Dasar

Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Semarang, 21 Juni 2022, segenap guru SD Islam Hidayatullah mengadakan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, yang mengundang narasumber Ibu Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd. Beliau adalah seorang dosen di Universitas PGRI Semarang sekaligus Pelatih Program Sekolah Penggerak.

Berdasarkan rencana yang digulirkan beberapa bulan yang lalu, SD Islam Hidayatullah akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru 2022/2023. Dengan kategori Mandiri Berubah. Implementasi ini akan dimulai untuk jenjang kelas 1 dan kelas 4.

Hal pertama yang dipaparkan oleh Ibu Iin adalah perbandingan standar dari kurikulum sebelumnya dengan Kurikulum Merdeka. Seperti Standar Nasional Pendidikan, Standar Kompetensi Kelulusan, Standar Isi, Standar Penilaian, dan Standar Proses.

Ibu Iin juga menjelaskan tentang akronim dari MERRDEKA itu sendiri:

M= Mulai dari diri

E= Eksplorasi konsep

R= Ruang kolaborasi

R= Refleksi di bawah bimbingan

D= Demonstrasi kontekstual

E= Elaborasi pemahaman

K= Koneksi antar materi

A= Aksi nyata

Dapat disimpulkan, bahwa Kurikulum Merdeka ini merupakan kurikulum yang ingin memerdekakan siswa, guru, dan sekolah. Bagaimana tidak? Implementasi kurikulum ini sangat berpegang teguh untuk memberikan pendidikan yang lebih baik bagi siswa. Guru diberikan bekal untuk lebih menghargai perbedaan anak, dari segi passion, learning style, keunikan siswa, dsb.

Semoga, Kurikulum yang akan diterapkan di SD Islam Hidayatullah akan memberikan perubahan positif pada Pendidikan di Indonesia. MERDEKA!