Sabtu, 02 Juli 2022
Perguruan Tinggi

UKM KOPMA UII Raih Juara Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian

UKM KOPMA UII Raih Juara Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian

Memperingati Hari Koperasi ke-75 Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kota Yogyakarta mengadakan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian (LTTP), pada Kamis (19/5) di Ayola Tasneem Yogyakarta. Peserta lomba merupakan siswa dari SMP, SMA/SMK, dan mahasiswa di Perguruan Tinggi. Setiap tim mengirimkan dua orang perwakilan dan didampingi satu orang pendamping.

Pada penyelenggaraan lomba ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa UII (KOPMA UII) yang diwakili Rifka Nur Asyifa dari D3 Perbankan dan Keuangan (2020), Eka Dewi Sulistyowati D3 Akuntansi (2020), Muhammad Wahyu Fauzi dari Teknik Elektro (2018), dan Hafidz Afdholul Ihsan dari Teknik Elektro (2019) berhasil menjadi Juara dua antar Perguruan Tinggi se-Yogyakarta dengan memperoleh hadiah sebesar Rp 4,5 juta, sertifikat, dan trophy.

Rifka mengungkapkan proses yang harus mereka lalui untuk mencapai keberhasilan. Dimulai dari babak penyisihan dengan menjawab sebanyak 50 pertanyaan, hingga tiga tim terbaik lanjut ke babak final menentukan peringkat juara yang akan didapatkan. Ketika babak final setiap tim akan diberikan pertanyaan yang bersifat wajib, lemparan, dan rebutan.

“Dalam LTTP ini materi yang diujikan adalah materi seputar koperasi, mulai dari sejarah koperasi dunia, sejarah koperasi di Indonesia, UU perkoperasian, dan pengetahuan umum tentang koperasi,” kata Eka.

Bagi Rifka dan Eka pencapaian tersebut tidaklah mudah didapatkan, terdapat tantangan yang dihadapi terutama ketika babak final harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan menjawab benar pertanyaan dari panitia, sebab jika jawaban salah poin akan dikurangi.

Kemenangan yang mereka capai tidak luput dari persiapan diri dengan mempelajari berbagai hal seputar koperasi. Kemudian dukungan dari para anggota dan bimbingan dari senior yang sudah pernah mengikuti LTTP sebelumnya dalam menjelaskan materi dan memberikan semangat untuk mendapatkan kemenangan. Ketika perlombaan pun kerjasama tim sangat diperlukan untuk mendiskusikan jawaban dalam waktu yang terbatas agar dapat menjawab lebih dahulu dari tim lainnya.

“Hasil yang kami raih tidak luput dari kerja keras seluruh pihak yang bersangkutan, terlebih lagi untuk KOPMA UII yang memberikan kami kesempatan lagi untuk maju di perlombaan ini,” jelas Rifka.

Eka mengatakan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian menjadi hal yang berharga, tidak hanya tentang ilmu pengetahuan yang bermanfaat, juga dapat memperluas relasi dari UKM Koperasi Mahasiswa Perguruan Tinggi lain di Yogyakarta. Harapan dari mereka, bagi generasi muda tetap semangat dalam menjalani dan menekuni usaha, terutama bagi mahasiswa yang berkuliah sambil menjalankan bisnis. (YA/RS)