Sabtu, 02 Juli 2022
Sekolah Menengah Atas

BIMTEK SEKOLAH PENGGERAK: SMAN 3 BORONG, SMPN 5 BORONG DAN SMPN 7 BORONG

Pada hari ini kamis, 23 Juni 2022 bertempat di kantor desa Golo Kantar Kecamatan Borong diadakan bimbingan teknis PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. BIMTEK yang luar biasa ini diselenggarakan oleh rumpun sekolah penggerak SMAN 3 BORONG, SMPN 5 BORONG DAN SMPN 7 BORONG. Kegiatan ini berhasil menghadirkan pelatih ahli LPPKPS Ibu LIA ZALILIA,S.Kom.,MT
Seperti biasanya ketika mendapat kunjugan kehormatan, SMAN 3 BORONG melakukan serangkaian upacara penerimaan secara adat melalui KEPOK TOBA DAN kapok kapu yang dibawakan oleh kepala SMPN 7 BORONG Bpk. Eduardus Karman Benta didampingi oleh kepala SMAN 3 BORONG Bpk. Konstantinus E.Rada. pendamping ahli Ibu Lia yang menerima kapok di damping Kepala SMPN 5 borong Bpk. Charles. Acara TIBA MEKA terjadi di bawah naungan pohon Pancasila SMAN 3 BORONG. Setelah upacara ini, rombogan yang terdiri dari semua guru dari 3 sekolah (SMAN 3 BORONG, UPTD SMPN 5 BORONG, UPTD SMPN 7 BORONG)menuju ke aula desa Golo Kantar untuk melanjutkan kegiatan BIMTEK. Sanggar tari SMAN 3 BORONG juga menjadi bagian dari kemeriahan upacara penyambutan.
Dalam kata sambutannya, kepala SMAN 3 BORONG menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam dari seluruh peserta kepada pelatih ahli ibu Lia yang bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing para guru sekolah penggerak dalam penggunaan media pembelajaran. Acara yang berlangsung dari pukul 9.00-15.00 diisi dengan berbagai cara dan metode penggunaan media pembelajaran bagi para guru sekolah penggerak sehingga pelajaran di kelas menjadi arena kreativitas para guru dan para murid sehingga pelajaran menjadi menarik.
Pelatih ahli LPPKPS ibu Lia Zalilia, S.Kom.,MT membagi praktek baiknya dalam penggunaan media pembelajaran. Semua skenario pembelajaran melalui media pembelajaran dengan teknologi sebagai kuncinya akan member ikan warna tersendiri dalam menjadikan peserta didik sesuai dengan marwah kurikulum merdeka mengajar bagi guru dan merdeka belajar bagi para peserta didik. Penggunaan media pembelajaran melalui berbagai perangkat teknologi sebagaimana dianjurkan pelatih ahli ibu Lia adalah peluang dan tantangan untuk terus menjadikan wajah pendidikan kita sebagai wahana memanusiakan manusia. Perangkat teknologi dalam media pembelajaran sebagaimana dianjurkan harus tetap bertumpu kepada kemerdekaan dalam mengajar dan kemerdekaan dalam belajar.
Ada berbagai bimbingan teknis yang coba dibagikan oleh pelatih ahli LPPKPS ibu Lia Zalilia sebagai praktek baik berpendidikan sehingga penyampaian pembelajaran kepada peserta didik tidak menjadi beban, tetapi menjadi ajang penemuan kreativitas melalui beberapa instrument menarik yang menggugah peserta didik untuk memilki rasa ingin tahu melalui beberapa fitur teknologi yang menarik. Penerapan teknologi melalui bimbingan teknis kepada sekolah penggerak menjadi kebutuhan mutlak sekarang ini demi tercapainya cita-cita mencerdaskan anak-anak bangsa sebagaimana diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945.