Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

PERHELATAN AKBAR TAHUNAN MTSN KOTA CIMAHI

Proesesi penyambutan Ka.Bag Kesra Kota Cimahi, Kepala Kemenag Kota Cimahi dan Kepala MTsN Kota Cimahi pada perhelatan akbar MTsN Kota Cimahi

Pertemuan adalah awal dari perpisahan. Demikan bunyi sebuah adagium yang sering terdengar dan sangat populer di telinga kita. Nampaknya kedua istilah itu (pertemuan dan perpisahan)  bagaikan dua sisi mata uang yang satu sama lainnya saling melengkapi. Konsekwensi logisnya, tidak mungkin terjadi perpisahan bila tidak ada pertemuan, demikian pula sebaliknya. Semua ini merupakan sebuah keniscayaan  yang sangat tidak mungkin dapat dipungkiri. Maka penting kiranya  merenungkan  sebuah kalimat bijak, “Bila tidak ingin berpisah maka jangan bertemu”.

Ungkapan bijak seperti itu sangat disadari oleh seluruh civitas MTsN Kota Cimahi, sehingga pada Rabu, 22 Juni 2022 digelar sebuah perhelatan  tahunan yaitu Pelepasan dan Wisuda siswa kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022 yang digelar di halaman Madrasah, dengan  tenda besar  tertata rapih yang membentang menutupi hampir separuh dari lapangan upacara yang cukup luas. Di dalamnya telah duduk para siswa kelas IX yang berjumlah  351 orang berpakaian warna-warni dengan beragam aksesorisnya yang didampingi oleh kedua orang tuanya dengan tema sentral meretas asa menggapai cita untuk masa depan gemilang.

Nampak di luar tenda terdapat enam  karangan bunga berwarna-warni berjejer yang disampaikan oleh para mitra MTsN Kota Cimahi sebagai bentuk ungkapan penghargaan atas terselenggaranya kegiatan Pelepasan dan Wisuda siswa Kelas 9 MTsN Kota Cimahi.

Sementara itu di tengah hilir mudik para tamu undangan, terlihat kesibukan sejumlah Guru yang  berpakaian stelan jas dan kebaya modern  dengan senyum penuh suka cita dibantu oleh anggota ekstrakurikuler dan OSIS, menyambut kedatangan para siswa dan kedua orang tuanya beserta tamu undangan lainnya.  Diantara ratusan para tamu undangan itu terlihat Kabag Kesra Kota Cimahi, Kepala Kantor Kemenag Kota Cimahi, Kepala Seksi Madrasah, Ketua Komite Madrasah, Pimpinan instansi pemerintah setempat dan para stakeholder lainnya. Selain itu nampak  kepala Madrasah beserta para Wakil Kepala Madrasah serta seluruh GTK MTsN Kota Cimahi  disambut dengan upacara adat Pimipinan Dedi Hidayat, S.Sn yang merupakan  guru SBK MTsN Kota Cimahi.

Salah seorang  perwakilan siswa kelas IX, Dhafir Tsabit Hajimul Fikri, menuturkan bahwa acara ini menjadi moment penting bagi siswa kelas IX untuk mengakhiri kegiatan belajar di MTSN Kota Cimahi setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun dengan segala suka duka yang mengiringinya. “saya sangat berharap bahwa walaupun nanti sudah berpisah, teman-teman tidak melupakan almamater dan harus terus menjalin silaturahmi diantara para alumni serta dengan bapak/ibu guru yang telah mendidiknya dengan penuh kesabaran, mudah-mudahan ilmu yang diberikannya menjadi ilmu yang bermanfaat”. Demikian harapan siswa kelas 9A tersebut.

Salah satu rangkaian acara perhelatan ini diantaranya diisi dengan beragam sambutan. Seperti sambutan Kepala Madrasah, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M.Pd yang menyampaikan penghargaan dan penghormatan kepada para tamu undangan yang telah berkenan hadir memenuhi undangannya. Pada saat yang sama beliau juga menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa yang telah berhasil melewati berbagai macam ujian yang telah dilaksanakan dengan baik. “kami berharap mudah-mudahan segala macam pengorbanan para siswa dalam menempuh pendidikan selama tiga tahun di madrasah senantiasa akan berbuah manis dan mendapaatkan ilmu yang bermanfaat, sehingga dapat memberikan kebanggaan bagi orang tua dan almamater dan tetaplah istiqomah menjadi siswa yang berakhlakul karimah, siswa yang senantiasa mengamalkan kebiasaan yang telah dilaksanakan di madrasah.  Demikan imbuhnya .

Senada dengan hal itu, perwakilan Orang tua siswa   dalam sambutan selanjutnya mengungkapkan rasa bangga kepada segenap management dan para civitas madrasah lainya yang telah mendukung seluruh program madrasah sehingga menghasilkan lulusan berkwalitas yang mampu bersaing dengan lulusan sekolah lainnya yang ada di Kota Cimahi.”Janganlah kalian merasa puasa dengan hasil belajar di madrasah karena perjalanan kalian masih sangat panjang untuk meraih  mimpi-mimpi indahnya”. Lanjut ayah dari  CameliaIsna Farida siswa kelas XI tersebut.

Sementara itu Kepala kantor Kemenag Kota Cimahi, H. Dudu Rohman, M.Si  yang menyampaikan pasan kepada para siswa yang akan menjadi alumni untuk selalu menjaga nama baik madrasah dengan tetap istiqomah menjaga iman dan  Ilsam sebagai dasar dalam menjalani kehidupan setelah keluar dari maddrasah dan mampu berprestasi pada masa-masa yang akan datang.”Para alumni harus bangga belajar di madrasah, karena  madrasah dengan mottonya “madrasah hebat dan bermartabat”  dapat menjadi manjadi benteng  dari berbagai macam penyimpangan  sebagai dampak dari perkembangan tehnologi yang sangat pesat ”. Ujarnya  lebih lanjut .

Rangkaian akhr dari sambutan dalam perhelatan akbar tahunan tersebut diisi oleh Kabag Kesra yang membcakann sambutan tertulis Wali Kota Cimahi. Dalam sambutannya Wali Kota Cimahi, menyampaikan pesan agar para siswa MTsN Kota Cimahi mempersipakan diri untuk menghadapi pendidikan yang lebih tinggi sehingga mampu bersiang di era tehnologi yang semakin canggih. “Perkembangan tehnologi dan informasi yang semakin canggih saat ini menuntut semua pihak peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja dan berkarya. Diakhir sambutannya beliau mengharapakan agar para alumni MTsN Kota Cimahi dapat terus menjalin komunkasi dan silaturahmi dan tetap menjaga nama baik almamater yang dilandasi oleh semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Pada rangkaian upacara kali ini diumumkan pula siswa berprestasi, diantaranya  juara umum  peraih nilai tertinggi ke satu, dua, dan tiga dan juara harapan satu, dua dan tiga yang masing-masing mendapatkan bergam hadiah dari para sponsor diataranya dari Gina Septi Tour and Travel, BRI Cabang Cimahi, BRI  Bandung Asia Afrika, Bank BJB Syariah, Penerbit Rama Widia dan CV /TB Mitra Nugraha.

Upacara perhelatan  ini diakhiri dengan prosesi pengalungan medali dan penyerahan Ijazah kepada para siswa yang dilakukan oleh Kepala Madarasah  didampingi para wakil Kepala Madrasah dan wali kelas masing-masing  yang dilanjutkan dengan pentas  kreatifitas seni siswa kelas kelas 7, 8 dan 9.

Harapan yang sangat besar dari seluruh civitas madrasah, bahwa kegiatan perhelatan ini tidak hanya dijadikan ajang ceremonial yang hanya menampakan kegiatan yang bersifat pisik saja tanpa dapat memaknai substansi dari kegiatan tersebut, yaitu menjadikan para alumni yang dapat menjaga dan mengangkat kehormatan almamater dimana saja berada, serta memiliki sensivitas terhadap lingkungan sekitarnya dengan mengedepankan nilai-nilai ajaran Islam yang telah diajarkan di madrasah. Selamat meretas asa menggapai cita untuk seluruh  siswa kelas 9 MTsN Kota Cimahi angkatan 53 Tahun 2022. (wh)

Tim liputan kehumasan MTsN Kota Cimahi