Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Pemanfaat Rain Garden dalam Mengendalikan Banjir di Kawasan Perumahan

Pemanfaat Rain Garden dalam Mengendalikan Banjir di Kawasan Perumahan

Pengendalian banjir selalu mendapat perhatian dari pihak masyarakat, pemerintah, dan perguruan tinggi. Pengendalian banjir tidak hanya dibutuhkan masyarakat yang berada di daerah aliran sungai, tetapi juga dibutuhkan oleh masyarakat yang bertempat tinggal di suatu kawasan komplek perumahan. Bertujuan untuk pengendalian banjir di kawasan komplek perumahan, tim Dosen Universitas Negeri Medan lewat Program Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan pelatihan pengendalian banjir pada komplek Perumahan Ridho Residence, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang dengan menerapkan Rain Garden ramah lingkungan bagi property perumahan (27/06/2022).

Tim Dosen PKM terdiri dari Ketua Dr. Ir. Putri Lynna A. Luthan, M.Sc. dan Anggota Prof. Dr. Nathanael Sitanggang, S.T., M.Pd., Mirzal Yakub, S.T., M.T., dan Wisnu Parayogo, S.T., M.T., C.WS. beserta 6 orang mahasiswa. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan kepada warga masyarakat di komplek perumahan tersebut.

Ketua tim Dr. Ir Putri pada pelatihan tersebut mengatakan “Rain Garden atau taman hujan adalah taman yang dipenuhi berbagai jenis vegetasi yang didesain untuk mengumpulkan limpasan air hujan dari area disekitarnya. Karena berfungsi sebagai pengumpul limpasan air hujan, maka taman ini memiliki bentuk cekungan dangkal. Desainnya memungkinkan limpasan air hujan mengalir masuk, menggenang sementara, meresap, dan mengalir keluar (ke drainase). Manfaat Rain Garden adalah: mengurangi volume banjir, limpasan pada saluran pembuangan, dan erosi tanah; limpasan air hujan tertahan pada akar dan batang tanaman yang menyebabkan aliran menjadi lambat; aliran air memiliki waktu untuk meresap ke dalam tanah; dapat menyaring polutan-polutan yang terbawa bersama air hujan sebelum meresap ke air tanah atau saluran pembuangan seperti drainase, sungai, danau, dan/atau air laut; meningkatkan jumlah air hujan yang meresap ke dalam tanah untuk mengisi ulang air tanah; mempercantik tampilan pekarangan rumah; dan menyediakan habitat alamiah bagi serangga dan burung,”.

Pada kesempatan ini, Tim PKM Universitas Negeri Medan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Hj. Yulidar Bugis, S.E. selaku Pimpinan Perusahaan Pengembang Perumahan Ridho Residence, Rektor Universitas Negeri Medan beserta segenap pimpinan, dan kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

“Semoga program PKM Universitas Negeri Medan ini dapat menginspirasi para warga masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan komplek perumahan untuk membuat Rain Garden ramah lingkungan dan mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk mendukung keberhasilan pembangunan,” tutupnya.(Humas Unimed/zr)