Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Prodi TIN Unpad Gelar Pameran Produk Inovasi Agroindustri

Prodi TIN Unpad Gelar Pameran Produk Inovasi Agroindustri
Kaprodi Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran Dr. Efri Mardawati berfoto bersama produk inovasi agroindustri yang dihasilkan mahasiswa dalam acara “Agroindustrial Product Design and Planning Exhibition”  di Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Kamis (23/6/2022). *

[Kanal Media Unpad] Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIN) Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran menggelar “Agroindustrial Product Design and Planning Exhibition”  di Kampus FTIP Unpad, Jatinangor, Kamis (23/6/2022).

Kaprodi TIN sekaligus koordinator Mata Kuliah Perancangan Proses Agroindustri Dr. Efri Mardawati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu luaran dari dua mata kuliah yang bersifat project based, yaitu mata kuliah Perancangan Proyek dan Bisnis serta mata kuliah Perancangan Proses Agroindustri. Mata kuliah tersebut masing-masing berbobot 3 SKS.

“Kemampuan merancang sebuah bisnis agroindustri yang komprehensif merupakan kompetensi utama lulusan dari Prodi TIN, sehingga prodi mengharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa dapat terus berinovasi mencipatkan produk-produk yang dapat meningkatkan nilai tambah produk pertanian untuk keperluan industri,” kata Dr. Efri dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Sebelumnya, mahasiswa TIN Unpad telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan seperti desain produk, desain proses, analisis kelayakan usaha, tata letak dan sistem bisnis, serta manajemen usaha. Persiapan tersebut dilakukan secara berkelompok sehingga dapat memperkuat kemampuan kerja sama tim yang menjadi salah satu softskills yang diperlukan dalam dunia industri (kerja).

“Pameran produk ini merupakan rangkaian kegiatan perkuliahan yang berguna untuk menerapkan keilmuan perancangan agroindustri, melatih jiwa wirausaha, dan menguatkan kerja sama tim,” ujar Koordinator MK Perancangan Proyek dan Bisnis Ir. Totok Pujianto MT.

Acara ini memamerkan sepuluh jenis produk inovasi agroindustri yang telah dirancang dan dipersiapkan oleh mahasiswa.

Kentang dan pisang menjadi komoditas yang paling banyak diinovasikan yaitu masing-masing sebanyak tiga produk inovasi. Produk agroindustri berbasis kentang meliputi “DE POTA Keripik Kentang Asli”, “Eattos”, dan “Frozen French Fries”, sedangkan produk berbasis pisang meliputi “Aur Banana”, “Ba-Na Crunch”, dan “Crunchly”.

Komoditas pertanian lainnya yang dimanfaatkan adalah nanas, ubi jalar, dan minyak atsiri. Produk “Eppines” dan “HappyJam” merupakan produk berbasis nanas yang memanfaatkan potensi nanas di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Potensi hasil pertanian lokal pun diangkat dalam produk “I-POMIE” yang memanfaatkan ubi Cilembu sebagai bahan dasar pembuatan mie kemasan instan. Adapun produk berbasis minyak atsiri “Selensia Essential Oil” menjadi satu-satunya produk non-pangan pada pameran produk ini.

Produk-produk yang telah dipamerkan dalam kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah prototype bisnis agroindustri yang dapat terus dikembangkan oleh mahasiswa. Pengembangan perlu dilakukan agar menjadi produk-produk unggulan hasil binaan Prodi TIN Unpad seperti Equine Black Garlic, Naroma Indonesia, Manner Perfume, Mango Day, dan produk-produk lainnya.

Mahasiswa Prodi TIN Unpad yang telah melakukan kegiatan pameran produk agroindustri ini kemudian akan diberikan penilaian dan pembekalan oleh asesor eksternal yang merupakan praktisi di bidang agroindustri. Adapun penilaian dan pembekalan tersebut secara eksklusif deiberikan kepada mahasiswa tingkat akhir dan akan digelar segera dalam Mata Kuliah Assesment.(rilis)*