Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Dosen UNIMED Tingkatkan Keterampilan Guru-Guru PKMB Dalam Menerapkan Mpdel-Model Pembelajaran Abad 21

Dosen UNIMED Tingkatkan Keterampilan Guru-Guru PKMB Dalam Menerapkan Mpdel-Model Pembelajaran Abad 21

Dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) kembali melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian kali ini diketuai oleh Dr. Samsuddin Siregar, S.Pd., M.Or beserta Anggota Dr. Indra Kasih, M.Or, Juli Rachmadani Hasibuan, SS., M.Hum dan Drs. Nono Hardinoto, M.Pd. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa Pendampingan Guru-Guru PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) dalam menerapkan model-model pembelajaran Abad 21. Kegiatan pengabdian ini juga salah upaya dosen untuk memenuhi kewajiban Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pengabdian ini dilaksanan mulai tanggal 14 sampai 16 Juni 2022 di Sekolah PKBM Al-Ikhram Kecamatan Medan Area Kota Medan dan yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru PKBM sebanyak 30 orang. Peserta kegiatan ini berasal dari PKBM Al-Manar, PKBM Al-Ikhram dan PKBM lainnya. Terkait dengan model-model pembelajaran abad 21 (model problem base learning, project base learning, discovery learning, discovery learning, case method), selama ini peserta belum mengenal model-model pembelajaran abad 21, padahal berdasarkan hasil-hasil riset model-model pembelajaran tersebut efektif dalam mengembangan kemampuan critical thinking, communication, collaboration dan creativity peserta didik. Atas dasar inilah makanya kegiatan pendamping ini dilaksanakan dengan harapan guru-guru mampu menerapkannya dalam pembelajaran. Kegiatan pendampingan ini dilakukan melalui empat tahap yaitu (1) tahap orientasi materi, disini peserta dibekali pengetahuan konseptual beberapa model-model pembelajaran abad 21, (2) tahap pengembangan, secara terbimbing peserta mengembangan model-model pembelajaran abad 21 ke dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), (3) tahap simulasi, tahap ini peserta secara online mencoba mempraktikkan model pembelajaran berdasarkan materi masing-masing, (4) dan tahap akhir adalah tahap refleksi, tahap ini tim abdi melakukan evaluasi dan memberikan masukan untuk kesempurnaan dokumen RPP dan teknik penyajian pembelajaran peserta. Di akhir kegiatan ini secara simbolis tim pengabdi juga menyerahkan buku model-model pembelajaran abad 21, diharapkan melalui buku ini dapat menjadi bahan bacaan bagi pihak sekolah, peserta yang ingin mengembangkan pembelajaran masing-masing berdasarkan model pembelajaran abad 21.

Sambutan peserta terhadap kegiatan ini sangat baik dan selama kegiatan berlangsung para peserta sangat antusias mengikutinya, hal ini dapat dilihat dari tingkat kehadiran peserta selama kegiatan,, hadir semua dari jumlah peserta keseluruhan. Kemudian berdasarkan hasil evaluasi, semua peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta diantaranya menambah khasanah pengetahuan dan lebih terampil dalam menerapkan model-model pembelajaran abad 21. Ibu Syafridah, S.Pd., M.Pd selaku pimpinan sekolah PKBM Al-Ihkram “menyampaikan banyak terima kasih kepada Tim Pengabdi Unimed yang telah datang ke sekolah kami, dan telah memberikan sesuatu yang sangat kami butuhkan dan berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat kembali dilakukan di sekolah kami agar kami tetap update mengikuti perkembangan pembelajaran kekinian, baik model, media, pengembangan bahan ajar dan lainnya, Ujar Syafridah, S.Pd., M.Pd. (Humas Unimed)