Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Berikut Juara MTQ & MKQ UNIMED Tahun 2022

Berikut Juara MTQ & MKQ UNIMED Tahun 2022

Musabaqah Tilawatil Qur’an merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam. Selain itu, MTQ diyakini dapat memperkokoh nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu Universitas Negeri medan mengadakan seleksi MTQ dan MKQ Nasional Tingkat Universitas pada Rabu, 29 Juni 2022 secara daring.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., dan dihadiri oleh Wakil rektor, Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan Unimed, Direktur Pps, Ketua Lembaga, Ketua Panitia, Dewan Juri serta peserta MTQ dan MKQ tingkat Unimed.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rektor Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes mengatakan Kegiatan yang kita ikuti bersama ini merupakan kegiatan tahunan yang kita laksanakan di kampus Unimed ini. Tujuannya adalah mencari bakat-bakat mahasiswa yang mahir dan berprestasi dalam Membaca Al Qur’an dan Tafsirnya, serta Tulis Indah Ayat Al Qur’an. Dan hasil dari kegiatan ini akan mewakili Unimed pada event MTQ dan MKQ tingkat nasional.

Lanjut Rektor, Oleh karena itu mari kita ikuti dengan sungguh-sungguh. Kami harapkan panitia dan dewan juri dapat melaksanakan amanahnya dengan objektif dan sebaik mungkin. Kita berharap siapa pun yang juara nantinya itulah yang terbaik di tingkat Unimed dan harus siap mewakili Unimed pada event nasional tersebut. Unimed siap memberikan dukungan moril dan materil kepada semua mahasiswa terutama dalam event MTQ dan MKQ tingkat nasional dan semoga bisa juara membawa nama baik Unimed di kanca nasional. Kami berharap semua mahasiswa yang mengikuti kegiatan MTQ dan MKQ tingkat Unimed ini, harus siap menjadi Duta Al Qur’an bagi semua mahasiswa muslim di Unimed, karena ini sejalan dengan harapan Unimed yakni, The Character Building University

Irwansyah Siregar, M.Pd selaku Ketua Panitia MTQ dan MKQ tingkat Universitas mengatakan kegiatan MTQ dan MKQ ini diikuti oleh 56 orang peserta yang merupakan juara dan perwakilan dari fakultasnya masing-masing dan selanjutnya akan menjadi perwakilan dari 7 fakultas di lingkungan Unimed. MTQ dan MKQ ini akan mempertandingkan 4 cabang perlombaan yaitu Tilawah (melantunkan ayat-ayat suci dengan berbagai irama), Tratil (membaca ayat-ayat suci secara baik dan benar), Hifzil (menghapal ayat-ayat Alquran) dan Kaligrafi (menulis, melukis, dan mewarnai ayat-ayat Alquran).

Adapun nama-nama pemenang pada tiap kategori perlombaan ialah Tilawah Al Qur’an putra juara I Akbar Ardiansyah dari Fisika FMIPA, juara II Rayhan Dary Brt dari Teknik Sipil FT, juara III Erwan Syahputra dari Pendidikan Geografi FIS. Kategori Tilawah Al Qur’an putri juara I Syifa Khairunnisa dari Pendidikan Fisika FMIPA, juara II Fakhrunnisa.R dari PGSD FIP, juara III Suci Weli Melvia dari Pendidikan Sejarah FIS.

Kategori Tartil Al Qur’an putra juara I Fajar Maulana dari Pendidikan Matematika FMIPA, juara II Iqbal Al-Hamid dari PPKN FIS, juara III Heru Armansyah dari Pendidikan Teknik Mesin FT. Kategori Tartil Al Qur’an putri juara I Nur Hazimah Nst dari PGSD FIP, juara II Luthfiah Zalzah dari PGSD FIP, juara III Shofa Sabiela dari Pendidikan Bahasa Inggris FBS.

Kategori Hafizh 5 Juz putra juara I Roy Ananda dari PJKR FIK, juara II Asrul dari Pendidikan Fisika, juara III M Al Farhan dari PPKn FIS. Kategori Hafizh 5 Juz putri juara I Muhadira Utami dari Pendidikan Biologi FMIPA, juara II Salsabila dari Bisinis Digital FE, juara III Nindi Asyifa Putri dari Pendidikan Geografi FIS.

Kategori Khot Kontemporer Putri juara I Ayu Astriani dari Pendidikan Seni Rupa FBS dan juara II Putri Khairiah dari Pendidikan Matematika FMIPA, Juara III Cinta Maulida dari Teknik Sipil FT. Kategori Khot Kontemporer Putra juara I M. Fatahillah dari Pendidikan Seni Rupa FBS, juara II Faruq Syauqi Ismail dari Kewirausahaan FE, juara III Deni Septian dari PGSD FIP.(HumasUnimed/fg)