Jumat, 19 Agustus 2022
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Keselamatan Pekerja IKM, KKN-T UAD Gelar Sosialisasi K3

Tingkatkan Keselamatan Pekerja IKM, KKN-T UAD Gelar Sosialisasi K3

Sosialisasi K3 kepada para pekerja IKM TS Alumunium oleh mahasiswa KKN-T Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Dalam rangka mendukung aktivitas Industri Kecil Menengah (IKM), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Teknik Industri periode 78 Unit I.A.2 menyelenggarakan sosialisasi untuk IKM agar dapat bersaing dan berkembang.

Sosialisasi berupa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi para pekerja, perbaikan sistem perawatan alat dengan menggunakan sistem daily checklist, dan pengelolaan regulasi barang keluar dari produksi menuju ke gudang penyimpanan. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 25 Juni 2022, bertempat di Pendopo IKM TS Aluminum. TS Alumnium merupakan salah satu IKM yang berada di Kecamatan Umbolharjo yang bergerak bidang industri pengecoran logam aluminium dengan hasil produksi berupa peralatan rumah tangga, cetakan kue, dan lainnya.

Akhmad Yofi Arifa, selaku ketua sekaligus pemateri memaparkan tentang pentingnya menerapkan K3. “K3 merupakan hal penting bagi pekerja untuk mengetahui jenis risiko yang bisa terjadi ketika melaksanakan pekerjaan. Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu bekerja.”

Lebih lanjut, KKN-T UAD membantu meningkatkan pengelolaan dalam hal sistem perawatan peralatan kerja melalui tabel daily checklist dan rekapitulasi barang keluar dari produksi menuju gudang dengan menggunakan surat keluar-masuk produk. “Adapun yang perlu dilakukan oleh pekerja dalam pelaksanaannya adalah dengan melakukan pengecekan jumlah dan kondisi alat sebelum dan sesudah alat digunakan,” jelas Yofi.

Perwakilan TS Alumnium, Fafa, menyampaikan apresiasinya kepada KKN-T UAD. “Sosialisasi yang disampaikan oleh rekan-rekan KKN-T merupakan hal penting sekaligus wajib diketahui dan diterapkan oleh pekerja. Tidak hanya untuk meningkatkan keselamatan kerja, tetapi mengetahui cara kerja yang baik dan benar.”

“Jadi untuk bapak-bapak pekerja, silakan ikuti dan pahami apa yang disampaikan oleh rekan-rekan KKN, agar ke depannya TS Alumnium menjadi lebih berkembang,” tutup Fafa.

Senada dengan itu, Yofi mengatakan, “Kami berharap para pekerja IKM dapat menerapkan K3. Adapun evaluasi dari kami dapat diterima dan ditindaklanjuti demi keberlangsungan IKM TS Alumunium yang lebih baik.” (guf/Azizah)