Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Unpad Lantik Tiga Kepala Kantor Baru

Rektor Unpad Lantik Tiga Kepala Kantor Baru
Sebanyak tiga pejabat baru di lingkungan Universitas Padjadjaran dilantik oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dalam upacara yang digelar di Ruang Serba Guna Lantai 3 Gedung 1 Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Jumat (1/7/2022). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti melantik tiga pejabat baru di lingkungan Unpad. Pelantikan tersebut digelar di Ruang Serba Guna Lantai 3 Gedung 1 Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Jumat (1/7/2022).

Tiga pejabat baru tersebut, yaitu: Dina Sartika, S.E., M.Si., PhD, sebagai Kepala Kantor Pendidikan Vokasi, Ir. Anas, M.Sc., PhD, sebagai Kepala Kantor Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP), serta Dr. Risna Resnawaty, M.P., sebagai Kepala Kantor Kemitraan Alumni.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor 287-288/UN6.RKT/Kep/HK/ 2022 dan 3462/UN6.RKT/Kep/HK/2022 tentang Pengangkatan Kepala Kantor Pendidikan Vokasi, Kepala Kantor SMUP, dan Kepala Kantor Kemitraan Alumni Unpad.

Dalam arahannya Rektor mengatakan, pelantikan ini  bukan sekadar seremonial belaka. Lebih dari itu, pelantikan ini menunjukkan bahwa tiga pejabat baru tersebut telah meluruskan niat untuk bekerja penuh integritas dalam memajukan Unpad melalui tugas dan fungsi masing-masing.

Rektor menjelaskan bahwa tugas setiap Kepala Kantor tersebut tidak mudah. Kepala Kantor Pendidikan Vokasi memiliki tugas jangka pendek untuk menyiapkan sertifikasi bagi mahasiswa vokasi. Hal ini didasarkan, sebagai karakteristik dari pendidikan vokasi, mahasiswa dan lulusan seyogianya wajib memiliki sertifikasi kompetensi.

“Sertifikasi kompetensi ini sesuai dengan pendidikan yang ingin mereka declare ketika sudah lulus,” kata Rektor.

Tugas lainnya adalah mendorong program pendidikan vokasi menjadi lembaga mandiri. Saat ini, program vokasi atau Sarjana Terapan di Unpad masih melekat pada beberapa fakultas. Untuk itu, Kepala Kantor bertugas menyiapkan integrasi seluruh program studi vokasi ke dalam Sekolah Vokasi.

Sementara Kepala Kantor SMUP bertugas untuk menyasar peningkatan jumlah pendaftar ke Unpad. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keketatan mahasiswa Unpad di seluruh jenjang program studi.

Kepala Kantor Kemitraan Alumni bertugas mengembangkan potensi dan peluang yang dimiliki alumni Unpad serta menjalin mitra dengan alumni, serta bertugas menginisiasi pengumpulan dana abadi (endowment fund) dari para alumni.

“Para Kepala Kantor baru diharapkan dapat menakar betul kemajuan yang sudah dicapai Unpad, sehingga target yang sudah dicanangkan bisa terwujud,” kata Rektor.*