Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

Fikih Informasi Cegah Berita Hoax

Fikih Informasi Cegah Berita Hoax

Umsida.ac.id – YOGYAKARTA :: Menyingkapi Revolusi Informasi yang terjadi di tengah masyarakat saat ini sangat berdampak dalam kehidupan masyarakat sehari – hari. Majelis DIKTILITBANG bekerja sama dengan Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan pemaparan betapa pentingnya “Fiqih Informasi”, Hal tersebut disampaikan oleh Iwan Setiawan dari Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah pada Jumat (1/7/2022)

Iwan menekankan bahwa sebagai Netizen kita wajib memiliki “Akhlakul Sosmediah”. “Muhammadiyah sebagai organisasi sosial islam sejak awal melihat informasi sebagai hal yang penting untuk kelanjutan peradaban manusia” Jelasnya.

Landasan Fiqih Informasi yang wajib kita fahami haruslah memiliki beberapa karakter diantaranya: Keseimbangan, Transparansi, Rasionalitas dan Proporsionalitas. Sehingga untuk menjaga marwah islam, warganya penting untuk bisa lebih bijak dalam menerima atau menggunakan media informasi.

Iwan menekankan pula untuk selalu “check and recheck dan bersikap netral” dalam menerima informasi sebelum disebarluaskan.

“Karena dalam konteks Tauhid, informasi yang kita produksi dan kita sebarkan, akan dimintai pertanggungjawaban di hadapanah SWT. karena itu perlu “check and richeck,” pungkasnya.

Kedepan, idealnya kader Muhammadiyah diharapkan dalam menyampaikan informasi haruslah memiliki kejujuran, keadilan serta cerdas dalam menyampaikan informasi.

“Oleh sebab itu ayo bersama – sama kita hindari kebiasaan menebar informasi bohong (hoax) dan tidak berguna atau sia-sia,” tutupnya.