Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Keren, UNJ Miliki 12 Prodi Sarjana Terapan

Keren, UNJ Miliki 12 Prodi Sarjana Terapan

Humas UNJ, jakarta-Pertengahan tahun 2022, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mendapatkan kabar baik dengan berhasilnya Transformasi dari jenjang studi D3 menjadi jenjang studi D4 atau Sarjana Terapan. Berikut ini daftar 12 Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan yang telah upgrading dari D3 berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) pada 30 Mei 2022, Nomor 138/D/OT/2022 dan Nomor 139/D/OT/2022 yang terdiri dari:

(1) Prodi Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital (FIS);

(2) Prodi Usaha Perjalanan Wisata (FIS);

(3) Prodi Akuntansi Sektor Publik (FE);

(4) Prodi Administrasi Perkantoran Digital (FE);

(5) Prodi Pemasaran Digital (FE);

(6) Prodi Kosmetik dan Perawatan Kecantikan (FT);

(7) Prodi Teknologi Rekayasa Manufaktur (FT);

(8) Prodi Teknologi Rekayasa Otomasi (FT);

(9) Prodi Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim (FT);

(10) Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (FT);

(11) Prodi Seni Kuliner dan Pengelolaan Jasa Makanan (FT); dan

(12) Prodi Desain Mode (FT)

Setelah berhasil bertransformasi dari D3 ke D4, UNJ terus berbenah dan membekali diri dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema “Tantangan, Strategi Pengembangan, dan Arah Kebijakan Program Studi Sarjana Terapan Universitas Negeri Jakarta”. Acara yang dilaksanakan pada Jumat, 1 Juli 2022 ini dilakukan secara Hibrid, untuk yang luring bertempat di GOR UNJ Kampus B UNJ dan daring melalui Zoom.

Hadir dalam kesempatan ini, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, Para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga, para Dekan dan Wakil Dekan, para panitia taskforce upgrading D3 ke D4 dan para dosen di lingkungan UNJ.

foto Wikan Sakarinto, Ph.D. (kiri) & Prof. Usep Suhud (kanan) ketika sesi I

Kegiatan ini mengundang 2 pembicara kunci, yaitu Wikan Sakarinto, Ph.D. selaku Pakar Pendidikan Vokasi yang menjelaskan materi dengan judul “Tantangan dan Strategi Pengembangan Program Studi Sarjana Terapan” dan di moderatori oleh Prof. Usep Suhud selaku Wakil Dekan I FE UNJ. Lalu pembicara kunci berikutnya ialah Drs. Sudarsono selaku Koordinator Fasilitasi Kelembagaan, Direktorat Kelembagaan dan SDM Vokasi yang menjelaskan materi dengan judul “Arah Kebijakan Program Studi Sarjana Terapan” dan dimoderatori oleh Firdaus, Ph.D. selaku Wakil Dekan I FIS UNJ.

Pada acara ini, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan hari ini diadakan sebagai tanda syukur secara lembaga karena berhasil terpenuhi tujuan kami secara sempurna, dan ini juga sesuai dengan niatan Dirjen Pendidikan Vokasi. Selain itu kami juga ingin mendapatkan bekal, karena pada program D4 ini kami belum terbiasa. Untuk itu kami hadirkan 2 pembicara kunci sesuai pakarnya. Biar kami tidak gamang dengan munculnya pertanyaan, apa yang harus kami jalankan, kerjakan dalam berbagai seginya.” Ucap Prof. Komarudin.

Firdaus, Ph.D. ketika menyampaikan titipan pertanyaan dari zoom

Kami sengaja menghadirkan Pak Wikan secara langsung karena beliau sudah menggawangi langsung ketika di UGM. Sehingga kita dapat mencontohnya secara efektif bisa menjalankan program itu dan yang paling penting, untuk melakukan jejaring yang efektif dengan dunia industri, agar lulusan kita dapat terserap dengan cepat. “Terima kasih kepada para pembicara, dan selamat kepada rekan-rekan yang telah mengemban prodi D4 atau sarjana terapan, bersiap untuk berlari kencang untuk menyukseskan program ini.” Tutup Prof. Komarudin pada sambutannya.

Sementara itu, Prof. Suyono selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ mengatakan bahwa “bagi masyarakat yang berminat berkuliah pada salah satu Prodi Sarjana Terapan di UNJ ini, dapat langsung mengikuti seleksi pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaba) Jalur Tulis UNJ Tahun 2022 dengan mendaftar melalui laman https://penmaba.unj.ac.id/ dan pendaftaran akan ditutup pada tanggal 8 Juli 2022,” ujar Prof. Suyono.