Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Unila Tambah Delapan Guru Besar

Unila Tambah Delapan Guru Besar

(Unila): Universitas Lampung (Unila) kembali menambah jumlah guru besar sebanyak delapan orang. Dengan bertambahnya jumlah guru besar tersebut, maka total guru besar yang akan dimiliki Unila saat ini berjumlah 88 orang.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., mengatakan, dengan pertambahan guru besar ini diharapkan dapat menjadi salah satu penunjang indikator universitas sehingga Unila bisa masuk di jajaran papan atas.

“Dan tentunya implikasi dari guru besar ini juga menunjang IKU dan menunjang kinerja khususnya di bidang akademik,” ujar Prof. Asep saat ditemui di ruang kerjanya di lantai 2 Rektorat.

Saat ini dilaporkan masih ada sekitar 40 calon guru besar Unila yang berkasnya sedang diproses di Dikti. Dengan demikian jika bertambah paling tidak 20 guru besar, maka target rektor Unila agar Unila memiliki 100 guru besar pada 2023 dapat terwujud.

Selama tiga tahun ke belakang di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Karomani, M.Si., pertambahan jumlah guru besar di Unila tercatat meningkat pesat sejak tahun 2022. Adapun total jumlah guru besar yang dihasilkan selama dua tahun terakhir mencapai 24 orang.

Pertambahan jumlah guru besar yang cukup signifikan ini merupakan komitmen pimpinan Unila, khususnya rektor, dalam mempercepat lahirnya guru besar/profesor di Unila.

Dengan begitu iklim akademik akan menjadi lebih baik sekaligus mampu menjadi perguruan tinggi yang unggul, salah satunya dengan melakukan lompatan secara sistemik agar jumlah guru besar Unila semakin bertambah. [Humas/Angel]