Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Berbagi Puluhan Hewan Kurban, YPM Sebar Sapi dan Kambing

Berbagi Puluhan Hewan Kurban, YPM Sebar Sapi dan Kambing

Sidoarjo-Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Taman, Sidoarjo kembali mengadakan kegiatan pembagian hewan kurban. Yayasan yang berpusat di Jalan Raya Ngelom 86 Taman Sidoarjo ini memulai rangkaian kegiatan Idul Adha pada Kamis, 7 Juli 2022 yaitu pendistribusian hewan kurban Sapi. Sebanyak 5 ekor sapi dibagikan ke masjid-masjid yang ada di Sidoarjo yaitu, Masjid Sabilunnajah, Masjid Roudlotul Jannah, Masjid Al-Ihsan, Masjid Al-Hikmah, Masjid Al-Qodir, Masjid Al Mubarok.

“Pembagian sapi ke beberapa masjid sudah menjadi agenda rutin. Kalau Tidak hanya sapi, panitia juga membagikan puluhan ekor kambing. Dan pastinya, hewan kurban yang kita bagikan sudah melalui pemeriksaaan kesehatan dan dinayatakan sehat,” jelas Agus Setiawan, ketua panitia.

Ditambahkan juga oleh Agus, kalau tahun lalu pihak masjid atau mushola yang mengambil ke YPM, tahun ini panitia yang mengantar langsung ke lokasi penerima

Sebelum hewan kurban dibagikan, diadakan acara seremonial yang  diikuti oleh perwakilan  siswa YPM, mulai dari  SMP YPM-1, SMA Wachid Hasyim 2,  SMK YPM 1, SMK YPM 2, dan SMK YPM 3. Kehadiran siswa dalam acara seremonial bertujuan agar siswa  semakin punya rasa peduli dan juga semangat berkurban.

“Selain guru yang berkurban, ada sebagian hewan yang dibeli dari uang infak siswa. Jadi melatih kepedulian siswa,” jelas Agus.

Dalam penjelasannya, Agus juga mangatakan bahwa  jumlah hewan kurban kambing yang dibagikan sebanyak terdapat 42 ekor. Dengan menggunakan 2 kendaraan pikap, kambing didistribusikan ke masjid, mushola, dan lembaga pendidikan. Tidak hanya Sidoarjo, hewan kurban juga dibagikan ke wilayah Gresik dan Surabaya yang berbatasan dengan Sidoarjo.

Sementara itu, ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif Sepanjang Ahmad Makki atau yang akrab dipanggil Gus Makki mengatakan bahwa agenda Idul Adha YPM 1444 H kembali seperti sebelum pandemi. Yaitu: ada pembagian hewan kurban pada 7-8 Juli 2022, pembagian paket kue ke masjid-mushola di malam takbiran, dan penyembelihan hewan kurban di kompleks YPM yang dagingnya dibagikan ke siswa dan warga sekitar pada hari ketiga tasyrik.

“Kami kembalikan agendanya seperti sebelum pandemi, mulai dari distribusi hewan kurban, kue, dan juga distribusi daging kurban. Selain itu, kami juga menggelar takbiran yang dilakukan siswa di malam lebaran. Semoga syiar yang kami lakukan diberi keberkahan,” kata Gus Makki.

 Salah satu penerima hewan kurban, Rosadi, takmir Mushola Annur Taman, menyambut gembira program berbagi hewan kurban YPM.

“Alhamdulillah, kami dapat hewan kurban dari YPM.  Mushola kami menyembelih 3 ekor kambing, dengan tambahan ini berarti akan menyembelih 4 ekor. Selain kambing, warga juga ada yang berkurban sapi,” jelas Rosadi. (jur_weha)