Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Sosilaisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Sosilaisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Rabu (13/07/2022). Sosialisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka, peserta yang hari ini akan dilibatkan untuk penyusunan GHT dalam 10 hari kedeoan dan seluruh ketua program keahlian. Semua peserta merupakan guru-guru yang akan mengajar kelas X(sepuluh) yang akan di implementasikan dalam kurikulum merdeka belajar, materi hari ini oleh bapak ngatman selaku pengawas, besok akan ada materi langsung oleh bapak Anwar dari SMKN 3 Mataram, kegiatan ini akan dilaksanakan sampai bulan November, ujar bapak Arifin Hargianto selaku Waka kurikulum di SMKN 2 Kuripan bertempat diruang meeting SMKN 2 Kuripan.

Penyampaian materi sosialisasi oleh bapak pemateri

Kurikulum merdeka pada awalnya adalah kurikulum prototype dan diimplementasikan di beberapa SMK unggulan. Seiring berkembang menjadi merdeka mengajar dan merdeka belajar yang dilihat melalui IPOI yang dulu nya dipantau melalui rapot mutu internal sekolah dan dikemas dengan kurikulum merdeka. Perkembangannya cukup terlihat dari jumlah program keahlian dan konsentrasi program keahlian. Dalam kurikulum ini diharapkan ada penguatan pendidikan karakter yang sebelumnya telah dilaksanakan di kurikulum 2013. Dalam konsepnya ada 8 i dengan kerja sama industri, perkembangan sarpras, dan penerapannya bukan hanya SMK PK tapi di kelas X, sehingga diharapkan dapat merubah mindset. Berani berinovasi dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memahami karakter peserta didik, dengan menerapkan pembelajaran sepanjang hayat dengan keterlibatan dunia kerja disegala aspek penyelenggaraan pendidikan vokasi. (Ujar Bapak Ngatman Selaku Pengawas)

Pembelajaran pada SMK PK

  1. Kerangka dasar
  2. Spektrum keahlian
  3. Strukutur kurikulum
  4. Capaian pembelajaran
  5. Prinsip pembelajaran dan assesmen
  6. Perangkat ajar
  7. Projek penguatan profil Pancasila dan budaya kerja
  8. Kurikulum dan operasional satuan pendidikan
  9. Kewenangan mengajar guru
  10. Evaluasi pembelajaran

Peserta sosialisasi

Project penguatan profil pelajar Pancasila, diharapkan dapat mengkonsepkan dengan linieritas dengan pengurangan jam dan akan dimasukkan ke dalam kegiatan kokurikuler. Jika ada kekurangan maka bisa dialokasikan. Pemanfaatan alokasi 2 jam alokasi pembelajaran berbasis project dengan sistem block sepeti penerapan budaya dan disiplin.