Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Lanjut Agenda Qurban, YPM Sembelih 11 Ekor Sapi

Lanjut Agenda Qurban, YPM Sembelih 11 Ekor Sapi

SIDOARJO (13/7/2022)  Yayasan Pendidikan Sosial & Ma’arif (YPM) mengadakan penyembelihan hewan qurban. Acara dimulai pukul 07.00-selesai. Suasana pagi itu meriah. Gema takbir mengiringi proses penyembelihan hewan qurban yang bertempat di halaman Kompleks YPM Megare Taman.

Panitia qurban  diambil dari perwakilan guru, karyawan dan OSIS sekolah yang ada dalam naungan  YPM, yaitu SMP YPM 1, SMA WH 2, SMK YPM 1, SMK YPM 2, SMK YPM 3, dan Universitas Maarif Hasyim Latief (Umaha).

Menurut Koord. Penyembelihan dan distribusi, A. Tajuddin bahwa jumlah hewan qurban yang disembelih ada 11 ekor sapi.

“Sebelumnya kami sudah mendistribusikan  43 ekor kambing dan 5 ekor sapi ke masjid-mushola dan lembaga pendidikan. Sedangkan untuk saat ini kami menyembelih 11 ekor sapi yang dagingnya didistribusikan ke siswa dan warga sekitar,” jelasnya

Ditambahkan bahwa tahun ini secara teknis berbeda dibandingkan  tahun ini. Ini karena kondisi saat ini lebih longgar secara prokes sehingga  lebih meriah dan yang terlibat semakin banyak.

Sementara itu, untuk meminimalkan penggunakan plastik, panitia dalam mengemas daging qurban menggunakan boks plastik dan timba yang dialasi daun jati.

Pemotongan kali ini berjalan dengan cepat dan tertib, kami meminimalisir penggunaan kantung plastik,mengurangi tingkat polusi, dan mengangkat perekonomian. Karena itu panitia menggunakan tong timba sebagai tempat daging. Ini sesuai dengan program yayasan  yaitu bebas plasyik,” jelas salah satu panitia, Rizky Putra W.A

Pelibatan siswa pada kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan qurban, disamping menanamkan semangat berqurban, menambah pengetahuanh juga sikap peduli sesama. (Ayunda/Tim jurnalis WH2)