Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pra MPLS SMKN 2 Kalianda 2022

Pra MPLS SMKN 2 Kalianda 2022

Kamis, 14/07/2022 – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA.

Begitupula dengan SMK Negeri 2 Kalianda, sebagai sekolah berskala besar di Lampung Selatan perlu mengadakan kegiatan MPLS ini kepada calon peserta didik agar dapat mengenal dengan baik tentang sekolahnya.

Tak hanya itu, kegiatan MPLS ini juga akan dipadukan dengan kegiatan pelatihan kedisiplinan yang akan dipandu oleh anggota TNI dari Kodim 0421. Tentu hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi SMK Negeri 2 Kalianda karena hal ini akan menghindarkan dari bentuk-bentuk perploncoan yang kerap menjadi isu di lingkungan pendidikan.

Pada hari ini (Kamis, 14 Juli 2022), para Peserta Didik Baru, datang ke SMK Negeri 2 Kalianda guna persiapan MPLS yang akan dilaksanakan mulai hari Senin, 18 Juli 2022

Pengarahan oleh Waka Kesiswaan

Pada kesempatan pertemuan kali ini, sekolah menghimbau kepada para Peserta Didik Baru untuk mempersiapkan hal apa saja yang diperlukan untuk kegiatan MPLS pada hari Senin mendatang.

Termasuk juga pembagian pleton serta himbauan untuk berpakaian seragam rapih, berambut rapih bagi laki-laki, dan larangan menggunakan perhiasan baik itu kalung maupun gelang.

Pengarahan dari Kodim kepada panitia MPLS

Sejatinya, kegiatan MPLS ini tidak hanya melatih kedisiplinan bagi para Peserta Didik Baru. Namun, kegiatan ini juga melatih kedisiplinan serta kepemimpinan bagi para Panitia MPLS yang tergabung dari elemen guru dan siswa (OSIS).

Penindakan terhadap siswa yang melanggar

Panitia juga mulai melakukan tindakan pada siswa maupun siswi Peserta Didik Baru yang terbukti melanggar peraturan kegiatan ini.

Diharapkan kegiatan MPLS ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan nilai positif pada diri para siswa Peserta Didik Baru.

(Editorial HUMAS SMKN2KLD : Dr. Feriyansyah, M.Pd)