Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelatihan Penggunaan Websites Daring

Pelatihan Penggunaan Websites Daring

Pelatihan penggunaan wesbistes daring SMA Negeri 1 Bakauheni dilaksanakan pada rabu 28 Oktober 2020 bertempat di ruang guru SMA Negeri 1 Bakauheni. Pelatihan diikuti oleh seluruh dewan guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Bakauheni. Palatihan dilaksakan sebagai tindak lanjut dari pembuatan Portal Pembalajaran Daring SMA Negeri 1 Bakauheni yang beralamatkan di http://belajar.sman1bakauheni.sch.id.  Dengan Portal ini diharapkan kedapannya pembelajaran yang saat ini masih dilakukan secara daring bisa terfokus pada satu portal.

Pelatihan penggunaan websites daring ini diantaranya adalah pengenal webistes resmi sekolah (www.sman1bakauheni.sch.id),  websites belajar (belajar.sman1bakauheni.sch.id), webites admin ujian online (ujian.sman1bakauheni.sch.id/x-panel) dan websites ujian online untuk siswa (ujian.sman1bakauheni.sch.id). Disini semua dewan guru mulai belajar bagaimana menggunakan portal pembelajaran. Hal-hal yang dipelajari diantaranya adalah :

  1. Login menggunakan akun masing-masing guru di websites daring.
  2. Membuat materi di websites daring baik materi berupa teks, gambar serta materi berupa video pembelajaran. Pada materi ini juga guru-guru belajar bagaimana menjadwalkan materi tersebut untuk ditampilkan kepada siswa/i.
  3. Melihat/mengetahui siswa/i yang sudah membaca materi yang dibuat serta merekap/mendownload data siswa/i yang sudah mebaca (view) materi yang bisa digunakan sebagai absen pembelajaran.
  4. Membuat tugas dari materi yang telah disampaikan serta bagaimana cara memberi nilai pada tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa/i. Setelahnya adalah bagaimana merekap/mendownload nilai tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa/i.
  5. Membuat quiz, menjadwalkan quiz dan mendownload nilai quiz.
  6. Melakuan absensi harian siswa/i, pada webistes daring ini siswa diwajibkan absen setiap harinya dengan cara mengirim photo “selfi” menggunakan seragam dan dikirim melalui websites daring menggunakan akun masing-masing siswa. Pada bagian absen ini nantinya Wali Kelas bisa merekap kehadiran siswa setiap bulannya.
  7. Membuat soal ujian di aplikasi microsoft word dengan mengikuti format yang sudah ditentukan.

Dari pelatihan yang sudah dilaksanakan hari ini ditargetkan pada awal bulan november nanti websites daring ini akan bisa benar-benar aktif digunakan oleh dewan guru serta siswa/i SMA Negeri 1 Bakauheni.