Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Peringatan Idul Adha 1443 H

Peringatan Idul Adha 1443 H

Umat islam baru saja merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H yang jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Keluarga besar SMA Negeri 1 Puri melaksanakan penyembelihan hewan Kurban berupa 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing untuk memperingati Hari Raya Idul Adha sekaligus mewujudkan rasa syukur atas nikmat dan anugerah  Allah SWT.

Pemotongan dan penyaluran daging kurban ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan sekolah. 

Para guru dan siswa sama-sama terlibat dalam seluruh proses penyembelihan hewan kurban. Mulai dari menyembelih, menguliti (membeset), memotong, dan membagikan pada masyarakat sekitar lingkungan sekolah.

Selain dibagikan, daging kurban juga dimasak oleh ibu guru yang dibantu oleh siswa. Hasil masakan tersebut dimakan bersama oleh seluruh warga sekolah.

Tujuan diadakannya kegiatan penyembelihan hewan kurban ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa, meningkatkan kepedulian siswa terhadap warga sekitar, serta sebagai sarana pembelajaran para siswa tentang cara dan proses pemotongan hewan kurban yang baik dan benar sesuai syariat islam.

Kegiatan memasak dan makan bersama juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara guru dan siswa maupun antar siswa sendiri.
Hal yang menarik dari setiap kegiatan Idul Adha di SMA Negeri 1 Puri ini adalah dalam melakukan pengemasan daging hewan kurban tidak digunakan kemasan plastik sebagaimana umumnya yang masih dilakukan oleh kebanyakan orang. Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Puri lebih memilih mengemas daging hewan kurban menggunakan daun jati. Hal ini sejalan dengan program Adiwiyata yang dimiliki oleh sekolah ini. Semoga kebiasaan ini bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitar dan bisa menjadi sebuah kebiasaan yang akan diteruskan oleh siswa dan siswi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dalam kehidupan sehari-harinya.