Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Matsama Peserta Didik Baru Tapel 2022/2023

Matsama Peserta Didik Baru Tapel 2022/2023

Pada hari pertama (19 Juli 2022), agenda awal peserta didik baru yaitu mengikuti kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah di Masjid Jami’ Baitunna’im Umbulrejo. Kemudian setelah selesai melaksanakan sholat dhuha, peserta didik diarahkan berkumpul untuk mengikuti upacara pembukaan di halaman depan MTs Negeri 7 Jember. Acara pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru serta Karyawan MTs Negeri 7 Jember.


Dalam rangka menyambut peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023, MTs Negeri 7 Jember mengadakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang biasa dikenal dengan istilah MATSAMA. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu agar peserta didik baru dapat lebih mengenali lingkungan serta karakter dari madrasah. MATSAMA MTs Negeri 7 Jember berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 19 Juli 2022 sampai dengan 21 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik baru yang terbagi dalam 9 gugus.

Dalam sambutannya, Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung di keluarga besar MTs Negeri 7 Jember. Beliau berharap dengan bergabungnya di MTs Negeri 7 Jember, peserta didik baru dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki secara maksimal melalui program-program yang ada. Kemudian, tepat pukul 08.13 WIB kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) secara resmi dibuka oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 7 Jember. Acara dilanjutkan dengan penyampaian 3 materi yang berkaitan dengan kurikulum sekolah, bimbingan konseling, dan kehumasan. Selanjutnya, peserta didik diarahkan menyusuri madrasah untuk pengenalan lingkungan yang ada di dalam MTs Negeri 7 Jember.

Hari kedua (20 Juli 2022), adapun kegiatan yang harus diikuti oleh peserta didik baru diantaranya sholat dhuha berjamaah di pagi hari, mengisi absensi dan dinamika gugus, mengikuti pemaparan materi tentang kesiswaan, ice breaking dengan berbagai games, lomba yel-yel antar gugus, kemudian kegiatan ditutup dengan sholat dhuhur berjamaah.

Memasuki hari ketiga (21 Juli 2022) Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA), peserta didik akan mengikuti pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Lapangan MTs Negeri 7 Jember. Dengan adanya pelatihan PBB, diharapkan dapat melatih kesehatan peserta didik baik secara fisik maupun mental. Selain itu kegiatan ini juga dapat menanamkan sikap disiplin dan bertanggung jawab bagi peserta didik baik dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan MATSAMA, peserta didik baru diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan madrasah serta dapat mengamalkan semua ilmu yang telah didapatkan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sekolah.

@femda