Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTsN KOTA CIMAHI BERIKAN REWARD KEPADA GURU DAN SISWA BERPRESTASI

Tampak Kepala Madrasah, didampingi Kepala Ka.ur TU, para Wakamad berphoto bersama usai menyerahkan medali dan piagam kepada siswa berprestasi dalam kejuaraan

Senin, 25 Juli 2022  merupakan pekan kedua seluruh siswa kembali ke madrasah utuk memulai pembelajaran yang diawali dengan upacara bendera sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Bertindak sebagai Pembina upacara yaitu Wakil Kepala Madrasah Bidang Keagamaan, Ustad. Aap Fathudin, S. Ag dikiuti oleh seluruh GTK dan seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9 yang berlangsung dengan khidmat.

Pelaksanaan Upacara bendera kali ini nampak berbeda degan upacara bendera sebelumnya karena Usai Upacara Bendera Kepala MTsN Kota Cimahi, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M.Pd. menyerahkan  medali dan piagam untuk para siswa yang berhasil meraih prestasi pada Kejuaraan Perisai diri Komandan Wingdid 800 Kopasgad Tingkat Kabupaten.

  1. Muhammad Dyalan .juara 1 Kategori Tunggal Baku Putra Tingkat SLTP
  2. Muhamad Dylan Juara 1 Kategori Serang Hindar Putra Tingkat SLTP
  3. Keisha Chelsea Davidson Juara 1 tanding putrid kelas L Tingkat SLTP
  4. Muhamad Dawai Jaka Juara 2 Tanding Putra Kelas F Tingkat SLTP
  5. Ivander Abraar Juara 2 Tanding Putra Kelas D Tingkat SLTP
  6. Risma Amelia Juara 3 Tanding Putri Tingkat SLTP

Selain itu, pada saat yang sama Kepala MTsN Kota Cimahi juga menyerahkan souvenir/ bingkisan untuk para guru yang berhasil menjadi juara pada lomba pembuatan PPT dan  presentasi  Moderasi Beragama yang sudah dilaksankan beberapa pekan lalu. Hadiah diserahkan langsung kepada para pemenang ke-1 sampai ke-3 yaitu:

  1. Agus Gunawan, S. Pd Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab
  2. Deni Ari Kurniawan Guru Mata Pelajaran PPkn
  3. Neng Susi, S.HI Guru Mata Pelajaran Fiqih

Hj. Eulis Nurhasanah menuturkan bahwa Pemberian reward dan punishment dalam dunia pendidikan dapat diterapkan sepanjang tidak bertentangan dengan tujuan pendidikan. Reward diterapkan kepada guru yang berprestasi, punishment untuk para pelanggar tata-tertib. Reward merupakan bentuk reinforcement yang positif artinya ganjaran, hadiah, penghargaan atau imbalan sebagai salah satu alat untuk peningkatan motivasi para guru/pegawai agar lebih giat usahanya untuk memperbaiki atau meningkatkan prestasi yang telah dicapainya. Sementara punishment merupakan bentuk reinforcement yang negatif diartikan sebagai hukuman atau sanksi, tetapi kalau diberikan secara tepat dan bijak bisa menjadi alat motivasi juga. “Dengan pemberian reward ini akan muncul keinginan untuk selalu ingin berbuat proaktif, belajar dan berprestasi terus sert selalu ingin memberikan yang terbaik bagi diri sendiri,  keluarga, sekolah, dan orang lain. Pemberian Reward saat ini bagi para guru yang berhasil membuat inovasi dalam hal pembuatan power point materi Moderasi Beragama serta mampu mempresentasikan di depan para guru”.  Demikian pungkasnya

Pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin dapat dijadikan momentum untuk mengevaluasi seluruh kegiatan yang sudah dilaksanakan pada pekan sebelumnya yang terkait dengan kegiatan-kegiatan di Madrasah, termasuk pemberian reward kepada para Guru dan siswa yang berhasil menorehkan prestasi terbaiknya. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran seluruh civitas madrasah untuk terus melakukan prestasi terbaik untuk mengangkat nama baik lembaga.

Kontributor : Tim liputan kehumasan MTsN Kota Cimahi