Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

SUKSESNYA KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 TUREN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

SUKSESNYA KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 TUREN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Jeniuspanero (20/7), Hai, sobat Jeniuspanero bagaimana nih kabarnya? SMP Negeri  2 Turen kali ini telah berhasil nih menyelenggarakan kegiatan MPLS dengan meriah. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yakni mulai tanggal 17 hingga 20 Juli 2022. Para peserta didik baru yakni kelas tujuh sangat antusias lho mengikuti kegiatan MPLS ini. Kegiatan ini diawali pada hari Sabtu dimana peserta didik mengikuti agenda PRA-MPLS terlebih dahulu dipandu oleh kakak OSIS yang kece badai nih. Kakak OSIS sangat antusias memandu adik tingkat untuk membuat yel-yel kelompok dan pemberian informasi seputar apa saja yang harus dibawa ketika MPLS berlangsung.

Pada hari Senin sekitar pukul 07.00 WIB, kegiatan MPLS resmi dibuka dengan adanya upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ibu Novi selaku Wakil Kepala sekolah. Dalam sambutan, beliau menyampaikan bahwa “Kegiatan MPLS ini harus kita ikuti dengan baik, semoga acara MPLS ini berjalan dengan lancar”, ujar bu Novi Ketika menyampaikan sambutan dalam upacara pembukaan MPLS tahun pelajaran 2022/2023. Setelah kegiatan upacara pembukaan selesai, nah acara selanjutnya yakni LBB yang diikuti oleh siswa kelas 7A sampai 7D sedangkan kelas 7E sampai 7H mengikuti kegiatan materi di aula Wiyata Mandala SMPN 2 Turen.

Untuk kegiatan LBB dilakukan di lapangan basket dan dipandu oleh beberapa koordinator LBB yakni Bapak David dan dibantu oleh kakak OSIS, sedangkan di Aula atas ada beberapa materi yang disampaikan oleh para pemateri yang berasal dari Bapak/Ibu guru kita lho. Materi tersebut yakni mengenai Wawasan Wiyata Mandala, Kesiswaan, Cara Belajar Efektif, dan Adiwiyata. Meskipun dalam satu hari ada dua agenda yang dilakukan secara terpisah, tetapi tetap saja tidak menyurutkan semangat para peserta didik baru untuk mengikuti kegiatan dengan baik.  Kegiatan pada hari pertama berakhir pada pukul 13.15 WIB.

Pada hari kedua MPLS yakni pada hari Selasa (19/07) kegiatan MPLS dilanjutkan dengan Apel pagi kemudian dilanjutkan dengan kegiatan LBB yang diikuti oleh kelas 7E sampai 7H yang bertempat di lapangan bola basket, sedangkan kelas 7A sampai 7D mengikuti kegiatan pemateri di Aula Wiyata Mandala SMPN 2 Turen. Kegiatan LBB dipandu oleh kakak-kakak OSIS dari pukul 07.30-9.30 WIB, sedangkan di Aula atas juga ada beberapa materi yang sama seperti hari sebelumnya. Setelah semua kegiatan selesai, dilanjutkan dengan beribadah. Bagi yang beragama Islam langsung menuju ke Mushola SMP Negeri 2 Turen untuk melaksanakan sholat dhuhur bergantian dari kelas 7A hingga 7D terlebih dahulu kemudian disusul dengan kelas 7E sampai 7H. Bagi yang beragama non Islam menuju ke lab IPA dengan dipandu oleh bu Desi. Kegiatan pada hari kedua berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Pada hari ketiga yakni Rabu, (20/07) kegiatan MPLS diawali dengan apel pagi pada pukul 06.45 WIB. Selanjutnya kegiatan pengumpulan tanaman oleh siswa-siswi SMP Negeri 2 Turen  pada pukul 07.00 WIB yang telah dibawa dari rumah.  Pada pukul 08.20 WIB acara disambung dengan pengenalan budaya lokal yang dimeriahkan dari masing-masing kelas dengan disambung yel-yel pada tiap kelompok masing-masing, selanjutnya juga terdapat acara pengenalan ekstrakulikuler SMP Negeri 2 Turen agar para peserta didik baru dapat lebih mengenal apa aja ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Kegiatan ditutup dengan acara menari dan bernyanyi bersama-sama.