Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Atas

IGI YES, SAGUSABLOG YES

IGI YES, SAGUSABLOG YES

Sungguh luar biasa IGI!!!. Mengapa? Karena IGI tidak henti-hentinya memberikan kontribusi nyata di dunia pendidikan khususnya dalam mendukung profesionalitas guru. Dari sekian banyak upaya yang telah dilakukan IGI dalam meningkatkan profesionalitas guru, ada satu upaya yang benar-benar menyentuh, mendukung serta melatih guru untuk lebih professional dalam melaksanakan tugasnya. Upaya tersebut adalah membentuk/membesut berbagai saluran pelatihan guru yang dikenal dengan sebutan kanal-kanal IGI. Kana-kanal ini memberikan semacam tawaran pelatihankepada guru dalam mengasah kemampuannya.

Dari 84 kanal yang dikelola IGI saat ini, terdapat satu kanal yang menawarkan pelatihan pembuatan blog. Lalu apa itu blog? Blog adalah “Weblog” atau blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user. Meski diatur oleh banyak user, misalnya, pikiran dan opini yang dituliskan tetap berfokus pada satu topik. Inilah pengertian dan definisi blog secara umum. Hanya saja, belakangan ini garis perbedaan blog dan website semakin kabur. Lalu apa Manfaat membuat blog?

Dalam sebuah tulisan di salah satu blog disebutkan bahwa setidak-tidaknya terdapat 9 manfaat yang bisa diperoleh seseorang ketika belajar membuat blog. Manfaat-manfaat tersebut antara lain :

  1. Berbagi pengetahuan
  2. Mengasah kemampuan menulis
  3. Belajar menghasilkan uang secara online
  4. Membangun jaringan
  5. Menjual produk
  6. Pekerjaan yang lebih baik
  7. Manfaat untuk bisnis
  8. Bangun kepercayaan
  9. Dapatkan lebih banyak calon pelanggan

Khusus untuk para guru, disamping 9 manfaat di atas, ada manfaat yang jauh lebih besar yaitu mendorong para guru untuk memanfaatkan blog dalam dunia pendidikan/pengajaran yaitu sebagai sarana untuk menunjang kinerjanya/memperlancar tugas sucinya.

Sagusablog yang merupakan salah satu kanal yang terdapat dalam organisasi IGI secara intens terus berupaya sekuat tenaga untuk mengadakan pelatihan-pelatihan pembuatan blog bagi para guru. Salah satu usaha yang dilakukan kanal ini adalah mengadakan workshop online SAGUSABLOG.

Untuk memudahkan para guru dalam mengikuti workshop online ini, kanal ini memberikan syarat-syarat yang cukup mudah yaitu :

  1. Terdaftar sebagai anggota IGI (dibuktikan dengan KTA IGI)
  2. Menginstall aplikasi telegram di telepon pintar, laptop atau tablet
  3. Melakukan registrasi melalui SIM Pembelajar IGI
  4. Mengikuti kegiatan secara aktif sampai tuntas dan menyelesaikan semua tugas

Disamping kemudahan-kemudahan di atas, workshop online ini juga dikelola secara professional oleh para mentor yang terlatih dan berlisensi. Dalam pelaksanaan workshop, para mentor bias berkolaborasi dan membantu dan memandu para peserta kegiatan sampai tuntas.

Bravo IGI, sukses sagusablog