Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (PLS) SMPN 5 KEDIRI

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (PLS) SMPN 5 KEDIRI

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)  merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah  setiap awal tahun pelajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik.

Mempunyai tujuan, yaitu:

  1. TUJUAN UMUM

Secara umum Pengenalan Lingkungan Sekolah bertujuan memberikan kepada siswa suatu kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan barunya. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil mengenal dan mempelajari sesuatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial     ( termasuk norma-norma khusus yang berlaku di sekolah barunya ) maupun dengan cara-cara belajar yang baru.

  1. TUJUAN KHUSUS :Membantu siswa mengenal lebih dekat lingkungan   pendidikkan SMP Negeri 5 Kediri sehingga tercipta suasana educative yang kondusif.
  2. Mendorong siswa yang bersikap produktif dalam   mengenal para guru, karyawan dan kakak-kakak kelasnya sehingga mereka merasa lebih aman berada dengan mereka.
  3. Membantu siswa kelas VII baru beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah dan lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah.
  4. Memahami kehidupan bersekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala  ( 7K ) sehingga fungsi sekolah, guru, siswa, dan masyarakat lingkungannya dapat mewujudkan tujuan pendidikan secara komperehensif.
  5. Mendorong siswa untuk memiliki kepercayaan diri sehingga berani mengungkapkan pendapatnya dan aktif mempertanyakan kebenaran pendapat orang lain.
  6.     Mendorong siswa untuk aktif menambah pemahamannya melalui pengamatan terhadap Lingkungan.
  7. Memotivasi siswa agar merasa bangga menempuh pendidikan di sekolahnya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan sekolah dengan baik.