Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

Siswa MTs Negeri 4 Klaten belajar Berdomokrasi dalam Pemilu OSIS Periode 2022/2023

gambar siswa memasukkan surat suara di kotas suara

Pedan-Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 2, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Di mana rakyat memiliki sebuah kekuasaan yang diserahkan kepada negara untuk menjalankan fungsinya. Kedaulatan rakyat merupakan ajaran dari demokrasi, kekuasaan berada di tangan rakyat. Sehingga rakyatlah yang sepenuhnya memegang kekuasaan negara. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika didukung kesadaran yang memadai dari rakyat, penegakan hukum, dan infrastruktur yang baik.

Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIS MTs Negeri 4 Klaten periode 2022/2023 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh siswa MTs Negeri 4 Klaten. Pelaksanaan Pemilu OSIS ini hampir sama dengan pemilu pada umumnya. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, panitia (ketua dan wakil ketua seluruh kelas) menyiapkan segala kelengkapannya meliputi penataan meja dan kursi, kotak suara, bilik suara, dan lain-lain.

Pada jumat (29/7) kegiatan Pemilu OSIS dilaksanakan. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00. Acara ini dibuka oleh Ibu Nursofiah Nasution kemudian dilanjutkan dengan visi dan misi calon ketua OSIS. Acara dilanjutkan dengan pemungutan suara.

Pemungutan suara dimulai dari kelas VII dilanjutkan hingga kelas IX. Siswa berbaris dengan rapi sesuai kelasnya kemudian mendaftar di panitia untuk mendapatkan surat suara. Siswa yang telah mendaftar mengantre untuk memilih di bilik suara. Setelah memilih calon ketua OSIS di bilik suara, siswa memasukkan surat suara di kotak suara lalu menandai jarinya dengan tinta sebagai bukti telah memilih.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar. Siswa mengaku senang bisa berpartisipasi dalam Pemilu OSIS MTs Negeri 4 Klaten periode 2022/2023. Setelah dilakukan penghitungan suara, calon ketua OSIS terpilih adalah Muhammad Dimas Abimanyu dari kelas VIII A. Kegiatan Pemilu OSIS ini juga bisa disaksikan melalui kanal youtube MTs Negeri 4 Klaten https://youtu.be/MKP9ht0gcoU.

LY