Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MANDIRI BERUBAH, IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMASA

MANDIRI BERUBAH, IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMASA

Pelaksanaan kurikulum merdeka telah banyak kita dengar di masyarakat. Namun fakta bahwa kurikulum merdeka belum dilaksanakan oleh semua sekolah di Indonesia adalah benar Adanya. Keputusan dari SMA N 1 Madiun, pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka (IKM) mengikuti program dari kementrian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi yaitu dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023.

Dengan penetapan program penerapan kurikulum merdeka di SMAN 1 Madiun pada tahun ajaran ini maka pihak sekolah menyelenggarakan percepatan pemahaman bersama bapak ibu guru mengenai IKM. Dalam upaya memahami IKM, SMAN 1 Madiun melaksanakan bimbingan teknis mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka (bimtek IKM).

Pelaksanaan bimtek IKM diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran yang ada di SMAN 1 Madiun. Dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juli 2022, para peserta mengikuti bimtek IKM ini dengan penuh antusias. Pada pelaksanaan bimtek IKM hari pertama materi disampaikan oleh Dr. Ninik Kristiani. Dr. Ninik atau biasa dipanggil Bu Ninik adalah pengawas SMA dari Malang.

Membuka materi bimtek dengan berbagai persamaan persepsi mengenai berbagai aturan yang berlaku untuk pelaksanaan IKM di jenjang SMA, Dr. Ninik berhasil menyita perhatian dari seluruh peserta bimtek. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai alur berpikir dalam penentuan tujuan pembelajaran (TP) serta alur tujuan pembelajaran (ATP), pemateri mengajak para peserta mulai praktik membuat TP dan ATP sesuai dengan kondisi sekolah making-masing. Materi pada hari pertama ditutup dengan kesan yang luar biasa oleh pemateri. Dr. Ninik berkata bahwa pemahaman dalam penerapan IKM bapak ibu guru SMAN 1 Madiun sudah sangat baik.

Pada hari kedua bimtek IKM diisi oleh internal SMAN 1 Madiun yaitu dari bidang kurikulum. Materi kali ini adalah projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). P5 adalah kegiatan para siswa untuk melakukan atau membuat sebuah proyek yang bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai pancasila ke dalam diri mereka. Kegiatan ini menyampaikan konsep pelaksanaan P5 di SMAN 1 Madiun.

Kurikulum merdeka yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Madiun adalah mandiri berubah. Maksud dari mandiri berubah adalah pihak sekolah memberikan keleluasaan untuk menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disediakan dalam kurikulum merdeka yang akan dilaksanakan. Penerapan kurikulum merdeka hanya pada para peserta didik baru yaitu kelas 10. Pada kurikulum merdeka belajar tidak ada lagi penjurusan. Para siswa diberi kebebasan untuk memilih mata pelajaran apa yang mereka ingin pelajari. Penerapan kurikulum merdeka pada SMAN 1 Madiun merupakan perwujudan dari pelayanan pendidikan yang lebih baik kepada masyarakat luas. Sejalan dengan visi sekolah yaitu berilmu, beriman, dan berprestasi, SMAN 1 Madiun berkomitmen untuk menghantarkan para siswanya untuk mencapai potensi terbaik serta pencapaian cita-cita seluruh peserta didiknya.