Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Kenali Minat Bakat, Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Kenali Minat Bakat, Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Siswa-siswi kelas XII SMA Islam Hidayatullah (Smaha) sibuk mempersiapkan diri pagi ini, Rabu (3/8/2022). Tampaknya mereka akan mengikuti tes minat bakat yang diselenggarakan sekolah bekerjasama dengan Lembaga Psikologi Cahaya Hati Semarang. Tes yang diadakan di tiap-tiap kelas XII ini berlangsung dari pukul 08.00-11.00 wib.

Selain nilai akademik, tes minat bakat minat ini merupakan hal yang sangat penting untuk membantu siswa dalam menentukan jurusan kuliah nanti. Ungkap Bu Septi (Guru BK). “Selain membantu peran BK dalam konseling karier, siswa dan orang tua juga mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang selama ini mungkin tidak disadari. Dampaknya adalah siswa dan orangtua akan lebih mudah dalam menentukan jurusan studi lanjut lebih tepat” jelasnya.

Bu Etik, Kepala Smaha juga menegaskan bahwa kegiatan tes minat bakat ini rutin dilakukan setiap tahun khususnya bagi kelas XII guna membantu mereka memilih jurusan kuliah. Setelah hasil tes diketahui, anak-anak juga akan mengikuti sesi bimbingan khusus oleh BK dan dibantu juga oleh psikolog sekolah. “Selama ini baik siswa maupun orang tua merasa sangat terbantu dengan program ini. Terlebih bagi siswa yang belum mengenal dirinya dengan baik atau jika adanya perbedaan antara orangtua dan anak dalam memilih jurusan. Peran BK dan psikolog ini sangat penting untuk membantu mereka menemukan jalan keluar” tuturnya.

Dr. Budi Warsito, orangtua siswa Haidar Faqih Dhiya Ul Haq (XII IPS 1) menyampaikan pula bahwa program ini sangat membantu orang tua dan anak untuk berdiskusi kembali dalam memilih jurusan studi lanjut yang paling tepat. Harapannya dengan pemilihan jurusan yang sesuai dengan potensi maka akan menghasilkan kompetensi anak yang maksimal.