Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Kewirausahaan di SMKN 1 Sanggau

Kewirausahaan di SMKN 1 Sanggau

www.smkn1sanggau.sch.id – Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) merupakan salah satu mata pelajaran di SMK untuk membina siswa untuk belajar berwirausaha sesuai dengan salah satu tujuan SMK yaitu berwirausaha, di samping siswa dapat melakjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan berikutnya dan juga bekerja, baik di perusahaan maupun instansi pemerintah.

Salah satu kegiatan dalam mata pelajaran PKK adalah membuat suatu produk makanan, minuman ataupun produk lainnya yang memiliki nilai jual di pasaran. Hal ini telah dilakukan oleh siswa siswi kelas XII Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dibawah bimbingan salah satu guru mapel PKK SMKN 1 Sanggau yaitu Eka Rahmaniah, S.Pd.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara berkelompok, dengan memproduksi berbagai jenis minuman dan makanan ringan, diantaranya minuman es timun serut, es buah, dan makanan ringan kuch-kuch Hot Tahu (tahu balado).

“Pada pertemuan berikutnya siswa akan belajar membuat merk untuk produknya dan selanjutnya rencananya akan ada kegiatan market day pas kegiatan 17-an disekolah”, demikian disampaikan oleh Eka Rahmaniah, S.Pd. sebagai guru pembimbingnya.

“Semoga kegiatan ini akan memupuk jiwa wirausaha siswa-siswinya, dan setelah lulus sekolah mereka tidak akan canggung lagi untuk memulai berwirausaha”, demikian tambahnya.