Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Persami & Pelantikan Penggalang Rakit Gudep 14.064/14.064 MTs Negeri 4 Klaten 2022

gambar siswamengikuti kegiatan wide game

Pedan-MTs Negeri 4 Klaten menyelenggarakan kegiatan persami dan pelantikan penggalang rakit selama dua hari (Sabtu-Minggu, 13-14/8). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dibantu oleh beberapa siswa kelas IX yang bertugas membantu pembina pramuka v.

Kegiatan ini dibuka oleh Kamabigus (Ibu Umi Muslikhah). Apel pembukaan dilaksanakan di halaman MTs Negeri 4 Klaten. Setelah apel pembukaan, acara dilanjutkan dengan  membaca semaphore yang diperagakan oleh pembina pramuka.

Siswa mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu wide game. Seluruh siswa berjalan sesuai dengan regunya. Berbekal peta, mereka harus menemukan lima pos dan tiap regu harus  menyelesaikan tugas di tiap pos. Wide game dilaksanakan di sekitar madrasah. Pos pertama di pemukiman penduduk, pos kedua di dekat pemakaman Tionghoa, pos ketika di TPA Troketon, pos keempat di persawahan desa Kaligawe, dan pos kelima di depan TPA Troketon. Setelah mengikuti wide game, siswa kembali ke madrasah. Setelah ishoma, siswa melanjutkan kegiatan membuat tandu dari tali temali dan tongkat.

Setelah salat Asar, dilaksanakan permainan estafet bendera di serambi masjid  hal ini dikarenakan hujan deras.Tidak semua kegiatan bisa dilaksanakan di hari Sabtu karena hujan deras. Demikian juga dengan acara api unggun pun batal. Akhirnya kegiatan pentas seni dilaksanakan di serambi masjid tanpa api unggun.

Kegiatan pada hari Minggu (14/8) adalah senam pagi yang dilaksanakan di halaman madrasah. Kegiatan senam ini dilaksanakan dua kali karena lapangan tidak cukup untuk menampung seluruh siswa. Upacara penutupan persami dan pelantikan penggalang rakit dilaksanakan di halaman madrasah dan ditutup secara resmi oleh pembina pramuka (Bapak Mulyadi). Sekitar pukul 10.00 siswa pulang ke rumah masing-masing.

LY