Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa FIP UMJ Raih Medali Perak Kerjunas Atletik Semarang

Mahasiswa FIP UMJ Raih Medali Perak Kerjunas Atletik Semarang

Wahyu Setiawan, Mahasiswa Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (POR FIP UMJ) berhasil meraih mendulang Perak di Kejuaraan Nasional (Kerjurnas Semarang) Atletik cabang olahraga Lari 100 Meter Putra Senior. Kerjunas Semarang diselenggarakan oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) pada 6-11 Agustus 2022 di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah.

Kejurnas atletik Semarang 2022 diikuti 1.500 peserta dari 34 provinsi di Indonesia dengan mempertandingkan 124 nomor. Pada ajang Lari 100 Meter Putra Senior menghasilkan tiga atlet yang menaiki podium. Tiga atlet tersebut ialah Lalu Muhammad Zohri dari Nusa Tenggara Barat memperoleh emas dengan catatan waktu 10.10 detik, Wahyu Setiawan DKI Jakarta memperoleh perak dengan catatan waktu 10.32 detik, dan Sudirman dari NTB mendulang perunggu dengan waktu 10.36.

Wahyu mengaku senang dengan prestasi yang ia raih. “Alhamdullilah bahagia dengan nikmat dan berkah yang diberikan oleh Allah karena dikasih kepercayaan menjadi manusia tercepat nomor dua di Indonesia,” ungkap Wahyu saat diwawancarai melalui pesan singkat pada 13 Agustus 2022. Wahyu menjelaskan Kejurnas ini menjadi ajang bagi PB PASI untuk melihat bibit baru dan mempertahankan atlet untuk seleksi Sea Games tahun 2023.

Dr. Doby Putro Parlindungan, M.Pd., AIFO., Ketua Prodi POR FIP UMJ sangat bersyukur dengan prestasi yang diraih oleh Wahyu sebagai mahasiswa POR FIP UMJ. “Syukur alhamdullilah dapat menaiki podium pada Kejurnas Atletik Semarang. Taletan Mahasiswa POR FIP UMJ menjadi manusia tercepat nomor dua setelah sang Juara Dunia U-20 Finlandia. Hal ini merupakan suatu anugrah bagi Muhammadiyah karena pelari jarak 100 Meter Putra tersebut merupakan kader Muhammadiyah,” ucap Doby. Ia juga berpesan kepada Wahyu agar tidak merasa puas karena masih banyak gelar untuknya dalam ajang nasional maupun internasional yang dapat diraih. “Selamat berlatih, berjuang, dan berpodium,” tambah Doby.

Peraihan medali ini tidak membuat Wahyu merasa puas. Setelah ini ia akan melaksanakan Training Camp di Jamaica. Training Camp dilaksanakan untuk bertukar ilmu dan program latihan dengan atlet dari negeri Jamaica. Jamaica merupakan negara pencetak atlet pemegang rekor dunia atletik, Usain Bolt. Training Camp akan diikuti Wahyu pada akhir bulan Agustus, tepatnya 25 Agustus 2022. (JD)