Senin, 03 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Rektor Sambut 119 Mahasiwa PMM se-Indonesia, Selamat Datang di Kampus Pinang Masak

Rektor Sambut 119 Mahasiwa PMM se-Indonesia, Selamat Datang di Kampus Pinang Masak

JAMBI,- Universitas Jambi melaksanakan kegiatan penyambutan mahasiswa inbound dan pelepasan mahasiswa outbound program pertukaran mahasiswa UNJA tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNJA Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M. Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, Dr. Ade Octavia, S.E., M.M., serta para Dekan dan Wakil Dekan di UNJA pada Selasa (16/08/2022) di Aula Gedung Rektorat Lantai 3 UNJA Mendalo.

Program pertukaran mahasiswa  merdeka telah dilaksanakan kedua kalinya oleh UNJA, pada pertukaran mahasiswa angkatan kedua tahun 2022 ini mengalami peningkatan pada pertukaran outbound, pada angkatan 1 berjumlah 360 mahasiswa dan tahun ini sebanyak 395 mahasiswa yang mengikutinya dari 70 peguruan tinggi di Indonesia, untuk pertukaran mahasiswa inbound sebanyak 119 mahasiswa dari 45 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan akan dibimbing oleh 6 dosen yang ada di UNJA.

Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D., dalam sambutannya ketika membuka acara secara resmi menyampaiakan selamat kepada mahasiswa inbound di UNJA, serta mengungkapkan program PMM outbound tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Selamat datang di kampus UNJA Pinang Masak,  ini merupakan kegiatan  yang kedua kalinya tentu bapak ibu yang mengelola kegiatan ini sudah pengalaman dibanding tahun lalu ,pelajaran baik di tahun pertama tentu kita cermati di tahun kedua ini, untuk mahasiswa  inbound mengalami penurunan, sementara untuk mahasiswa outbound mengalami peningkatan dari tahun lalu sekitar 360 mahasiswa dan tahun ini mencapai 395 mahasiswa,” ungkap Rektor.

Selain itu Rektor mengatakan bahwa UNJA menjunjung nilai nilai adat dan kearifan lokal maka ia berharap mahasiswa yang mengikuti program ini betah di Jambi dan patuh kepada aturan yang ada dan intinya tetap menjaga sopan santun” lanjut Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si., juga turut menyampaikan harapan kepada para mahasiswa inbound agar dapat menikmati berkuliah di Unja nantinya.

“Mudah-mudahan mahasiswa PMM yang 119 ini akan betah tinggal di Jambi dan bisa menikmati apa yang ada di UNJA, sebelumnya mahasiswa yang mengikuti PMM angkatan 1 sebagian besar masih ingin berlama-lama di Jambi, mudah-mudahan PMM angkatan 2 juga begitu” ucap Kamid.

Arisa Dewi Janu Aska, mahasiswa dari Universitas 17 Agustus Surabaya mengungkapkan motivasi dalam mengikuti PMM 2022.

“Saya ingin mengetahui keberagaman budaya di Indonesia serta melatih kemandirian diri saya, Pesannya supaya mahasiswa di seluruh perguruan tinggi lebih banyak lagi mengikuti kegiatan PMM karena program ini bagus untuk menjelajahi nusantara serta mendapatkan pengalaman yang baik tentunya,” tutup Arisa.

Silvia Yuliansari/Freddy Valentino Naibaho/HUMAS